Gunung Lemongan Alami 254 Gempa Tektonik Lokal Disertai Ledakan

646

Lumajang (WartaBromo.com) – Gunung Lemongan di Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan aktivitas vulkanik pada pekan ini. Tercatat, ada 254 gempa tektonik lokal yang terjadi di Gunung Lemongan.

Menurut informasi, sejak Rabu kemarin, sejumlah ledakan didengar warga di sekitar Gunung Lemongan. Ledakan ini disertai gempa dan membuat warga sekitar ketakutkan.

Berdasarkan laporan Pusat Vulkanogi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) yang diterima wartabromo.com, selama periode 1 Januari hingga 13 November, terdapat aktivitas kegempaan. Aktivitas ini didominasi gempa tektonik jauh, lokal dan terasa.

“Pada 9 November 2019, terjadi peningkatan jumlah, mencapai 254 kejadian gempa tektonik lokal dan berlanjut hingga 13 November 2019 yang diikuti oleh getaran tremor,” ujar Kasbani, Kepala PVMBG dalam laporannya.

Getaran tremor tersebut dengan amplitude maksimum 3-30 mm serta 3 kali Gempa Terasa dengan intensitas II-III MMI.  Gempa ini dirasakan oleh warga sekitar Gunung Lemongan, yakni di wilayah Sumber Petung, Tegal Randu dan Papringan.

“Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental hingga tanggal 13 November2019, maka tingkat aktivitas G. Lemongan dinilai masih berada pada Level I (Normal),” lanjutnya.

Warga kemudian dihimbau untuk tidak panik, dan terpancing isu yang beredar mengenai letusan ini. Gunung Lemongan, mengalami kenaikan kegempaan, tapi belum diikuti oleh perubahan visual atau gejala vulkanik lain. (may/ono)