Ponsel Mendadak Panas, Ini Trik Bikin Adem

9206

Pasuruan (Wartabromo.com) – Intensitas penggunaan ponsel makin tinggi di era yang serba digital. Tak ayal, hal itu membuat ponsel cepat panas karena pengunaannya yang berlebihan.

Meski over heat merupakan hal biasa, tapi apabila dibiarkan, dapat memicu kerusakan pada ponsel, bahkan menimbulkan ledakan. Nah, biasanya ketika suhu ponsel panas, notifikasi untuk mendinginkan ponsel akan muncul.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika ponsel yang digunakan sehari-hari mendadak panas?

Berikut triknya!

1. Melepas Soft Case

Biasanya, ponsel dilindungi case oleh pemiliknya. Tujuannya, agar aman ketika terjadi benturan dan tak jarang hanya untuk mempercantik penampilan.

Ketika ponsel mendadak panas, hal pertama yang wajib dilakukan menurut berbagai sumber adalah melepas pelindung handphone untuk mengurangi panas.

Pasalnya, case hp biasanya terbuat dari bahan yang membuat panas ponsel terperangkap, tak bisa keluar. Jika case dibuka, sirkulasi udara menjadi normal kembali.

2. Hentikan segala aktivitas ponsel

Jika case sudah dibuka, hentikan segala aktivitas yang berkaitan dengan ponsel. Mulai dari mematikan data seluler, wifi, bluetooth, sampai menurunkan kecerahan layar.

Bahkan, bila perlu, matikan hp sementara untuk cooling down. Terlebih, mematikan ponsel dapat mengembalikan kecepatan proses aplikasi seperti semula yang sebelumnya bekerja ekstra.

3. Letakkan di tempat sejuk

Selain dua trik di atas, ada satu hal lagi yang bisa dilakukan, yakni meletakkan ponsel di tempat yang sejuk. Bisa di suhu ruangan, atau ruang ber-AC juga dapat mempercepat proses pendinginan.

Tapi, jangan terlalu ekstrem hingga meletakkan ponsel ke dalam freezer ya. Pasalnya, suhu yang terlalu dingin juga dapat merusak ponsel.

4. Hindari cahaya matahari langsung

Jika ponsel sudah mulai adem, sebaiknya, ponsel tak digunakan di luar ruangan yang langsung terpapar sinar matahari. Apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Sebab, over heat pada ponsel bukan hanya karena pemakaian yang lama, tetapi juga dapat akibat terpapar sinar matahari.

Jadi, kalau ponsel panas, jangan panik lagi ya? Coba terapkan trik yang sudah dijelaskan. (bel/may)