Ini Alasan Bayi Menggigit Puting Saat Menyusu

3349

Pasuruan (Wartabromo.com) – Proses menyusui seringkali tak berjalan mulus. Tak jarang bayi sering menggigit puting yang membuat Ibu kesakitan.

Sebenernya apa sih yang membuat bayi sering menggigit puting saat disusui?

Berikut deretan alasannya, mengutip dari Kumparan:

– Tumbuh gigi

Ketika timbuh gigi, bayi pasti merasakan gatal dan sakit. Hal itu memungkinkan bayi untuk mencari bantuan dengan menggigit puting ibunya. Bahkan, tumbuh gigi menjadi penyebab utama bagi suka menggigit puting saat menyusu.

– Ada yang mengalihkan perhatiannya

Bayi yang semakin tumbuh besar, biasanya semakin malas minum ASI. Bila ada yang mengalihkan perhatiannya, barulah mereka lupa kalau sedang menyusu. Inilah mengapa bayi tak sengaja menarik puting payudara.

– Ingin minum banyak ASI

Porsi ASI setiap bayi biasanya berbeda. Nah, bagi yang porsinya banyak, mereka akan sengaja menggigit puting agar produksi ASI menjadi deras. Jika sudah begitu, artinya bayi menginginkan susu lebih banyak.

– Mengantuk

Kondisi ini biasa terjadi ketika bayi mengantuk namun enggan melepas puting dari mulutnya. Biasanya gigitan pada situasi seperti ini, tidak sengaja dilakukan bayi, karena saking ngantuknya.

– Tanda kasih sayang

Nah, jangan berburuk sangka dulu ya ketika bayi suka menggigit ketika disusui. Bisa jadi, itu merupakan bentuk kasih sayang anak pada ibu. Momen menyusui mungkin sangat disukai oleh si bayi.

Sekedar diketahui, proses menyusui bukan hanya pemberian makan bagi bayi, tapi juga ajang membangun ikatan kasih sayang.

ASI eksklusif sejatinya wajib diberikan pada anak selama 6 bulan. Bahkan dianjurkan hingga 2 tahun.

Bila tak ingin kesakitan, pastikan posisi ketika menyusui sudah benar. Jika posisi sudah benar, biasanya ibu tidak akan merasakan kesakitan. (bel/may)