Waspada! Ada Peningkatan Sambaran Petir

891

Lumajang (WartaBromo.com) – Jelang musim hujan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) memprediksi adanya peningkatan sambaran petir. Peningkatan terjadi di beberapa wilayah Jawa Timur seperti Lumajang hingga Malang.

“Sebenarnya untuk daerah rawan petir itu hampir semua wilayah. Apabila memasuki awal musim hujan rawan terhadap terjadinya petir dan angin kencang, angin puting beliung hujan es,” jelas Sujabar, Kepala Sta. Geofisika II Pasuruan, Sabtu (14/12/2019).

Terjadinya petir ini dijelaskan Sujabar
disebabkan perbedaan suhu ekstrem yang membuat awan cumulunimbus (CB) cepat terbentuk. Tak hanya itu, wilayah dengan banyak mengandung unsur logam juga berpengaruh terhadap perpindahan ion positif negatif dari awan ke permukaan tanah dan menyebabkan petir.

“Itu daerah sekitar Mojokerto, Malang, Lumajang. Karena awan CB-nya cukup tebal. Dilihat dari radar juga,” lanjutnya.

Selain wilayah tersebut, ada juga peningkatan petir pada sebagian wilayah Probolinggo dan Kediri.

Sekadar diketahui, selain mengenai peningkatan petir, di wilayah tersebut, BMKG memprediksi beberapa wilayah di 3 hari ke depan bakal mengalami cuaca ekstrem.

Seperti di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pasuruan. Cuaca ekstem tersebut yakni hujan lebat disertai angin kencang dan petir.(may/ono)