Begini Cara Agar Kakak Tak Cemburu Pada Adik Bayi

843

Pasuruan (Wartabromo.com) – Kelahiran anak kedua yang jaraknya dekat dengan anak pertama, biasanya menimbulkan rasa cemburu. Anak pertama merasa perhatian orang tuanya kini terbagi dengan adiknya.

Meski sudah diberitahukan tentang adiknya jauh-jauh hari, si kakak tetap akan cemburu ketika adiknya lahir. Pasalnya, buah hati merasa kasih sayang dari orang tuanya berkurang akibat kehadiran adik barunya.

Mengutip kumparan, si kakak akan dengan sengaja mencari perhatian. Mulai dari bertingkah manja layaknya bayi, atau menarik orang tua ketika orang tua tengah mengurus dan bermain dengan si adik.

Tak ayal, banyak orang tua yang tersulut emosinya bahkan ada yang sampai menghukum si kakak. Padahal, marah tak akan menyelesaikan masalah.

Ada baiknya, orang tua terutama ibu memberikan pemahaman kepada si kakak dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Salah satu cara yang dapat dilaksanakan adalah membuat si kakak merasa penting. Libatkan mereka untuk merawat si adik. Contoh sederhana, minta bantuan si kakak untuk mengambil popok, atau keperluan si adik.

Dengan begitu, si kecil akan merasa memiliki rasa tanggung jawab sebagai seorang kakak. Sehingga, dapat mengurangi rasa cemburu atau dendam kepada si adik.

Selain itu, bisa juga dengan menjadikan si kakak pusat perhatian di waktu-waktu tertentu. Momen tersebut bisa dilakukan ketika si adik sedang tertidur.

Saat seperti ini dapat digunakan orang tua untuk mengajak si kakak bermain atau mendongeng buku favoritnya. Dengan begitu, anak pertama Anda akan tetap merasa istimewa dan hal itu biasanya bisa mengurangi perasaan negatif tentang kehadiran si adik bayi.

Jadi, jangan mudah marah ya bolo saat si kakak mencari perhatian. Itu artinya mereka sedang ingin diperhatikan. (bel/may)