Deretan Tarian Ini Sengaja Panggil ‘Memedi’

635

Pasuruan (Wartabromo.com) – Indonesia dikenal dengan beragam budaya, suku, kesenian, kepercayaan bahkan bahasanya. Biasanya, keberagaman itu diiringi dengan nuansa mistis dan klenik khas daerah.

Contohnya saja dalam hal seni tari. Unsur magis tak dapat dipisahkan dari setiap gerakan yang diciptakan.

Setiap tarian biasanya mewakili adat istiadat dari masing-masing daerah. Nilai dan unsur dari nenek moyang juga selalu terkait.

Nah, mengutip Liputan6, ada 5 tarian daerah yang sengaja memanggil roh halus untuk dilibatkan. Berikut daftarnya:

1. Tari Kuda Lumping

Tarian satu ini berasal dari Sunda, Jawa Barat. Sebagaimana namanya, properti yang digunakan dalam tari Kuda Lumping adalah kuda tiruan.

Kuda tiruan tersebut terbuat dari anyaman bambu atau kepang. Biasanya, selain menampilkan atraksi kuda lumping, juga disuguhkan atraksi kesurupan, kekebalan, dan kekuatan magis. Terkadang tarian ini juga menggunakan kaca, beling, batu, dan jimat.

2. Tari Salai Jin

Dilihat dari namanya saja sudah pasti tarian asal Ternate, Maluku Utara ini pasti berkaitan dengan hal mistis. Pasalnya, para nenek moyang masyarakat Ternate terdahulu menggunakan tarian ini untuk berkomunikasi dengan jin.

Hal itu dilakukan sebagai perantara untuk meminta bantuan pada para jin dalam menyelesaikan berbagai persoalan manusia. Nah, saat menari itulah akan ada roh halus yang merasuki para penari.

Sekadar diketahui, penari dalam tarian ini berjumlah ganjil.

3. Tari Bedhaya Ketawang

Tari Bedhaya Ketawang ditampilkan saat penobatan dan peringatan kenaikan tahta raja di Kasunanan Surakarta. Jumlah penarinya ada 9 dan semuanya wanita.

Konon, Ratu Pantai Selatan akan datang sebagai penari kesepuluh untuk menjadi bagian dari penampilan tari tersebut.

Nah, bagi para penari, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum beraksi. Mulai dari aturan puasa sebelum tampil, yang menari haruslah gadis perawan dan tidak dalam keadaan haid.

4. Tari Kecak

Tarian ini merupakan ikon Pulau Dewata Bali. Siapa sangka, Tari Kecak menyimpan misteri di balik kemasyurannya.

Konon katanya, para penari itu beraksi dalam keadaan tidak sadar atau kesurupan. Dalam kondisi inilah mereka sedang berkomunikasi dengan roh leluhur untuk menyampaikan keinginannya.

Nah, sebelum tarian dimulai, para penari biasanya melakukan beberapa ritual terlebih dahulu.

5. Tari Rentak Bulian

Riau, juga punya tari tradisional yang dikenal dengan Tari Rentak Bulian. Apabila Tari Bedhaya Ketawang penarinya semua wanita, berbeda dengan tarian satu ini.

Terdapat tujuh perawan dan perjaka yang harus memainkan tarian ini. Nantinya, si pria akan kerasukan roh halus sehingga menari dengan setengah sadar.

Biasanya, tarian ini dilakukan sebagai tradisi pengobatan secara gaib. (bel/may)