Rencana Jalan Tembus Sukorejo-Batu Kembali Dilanjutkan

8521

Pasuruan (WartaBromo.com)- Lama tak terdengar progresnya, Pemkab Pasuruan memastikan rencana pembangunan jalan tembus Sukorejo-Batu tetap berlanjut.

Saat ini, wacana yang digagas sejak 2016 silam itu sudah masuk tahap perencanaan. “Tetap dilanjutkan. Sekarang dokumen perencanaannya masih disusun di provinsi,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pasuruan, Ihwan.

Ihwan mengatakan, untuk mendukung rencana tersebut pihaknya juga telah memasukkan program tersebut ke dalam Raperda RTRW (Rencana Tata Ruang dan Wilayah).

“Kebetulan tahun ini akan dilakukan pembahasan RTRW. Dan, untuk jalan tembus itu sudah kami masukkan,” terang lelaki yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Dinas Pertanian itu.

Seperti diketahui, Pemprov Jatim merencanakan membuat jalan tembus Sukorejo-Batu. Total panjang jalan diperkirakan mencapai 33,91 Km, dengan lebar 2 x 7 meter yang terdiri dari empat lajur.

Baca Juga :   Koran Online 2 Agustus : Hukuman Setiyono Ditambah, hingga Ayah Pemerkosa Anak Kandung Bonyok Dihajar Sesama Tahanan

Di wilayah Kabupaten Pasuruan memiliki panjang 10,37 Km melintasi delapan desa pada tiga kecamatan yakni, Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Purwosari dan Kecamatan Purwodadi.

Kabupaten Malang memiliki panjang 21,12 Km melintasi 13 desa dari 3 kecamatan yakni Kecamatan Lawang, Kecamatan Singosari dan Kecamatan Karangploso. Sedangkan di Kota Batu sepanjang 2,43 Km melintasi satu kecamatan dan desa yakni Giripurno Kecamatan Bumiaji.

Pembangunan jalan tembus ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan Jalur Wisata Surabaya-Malang. Ihwan berharap keberadaan jalan tembus tersebut bisa menghidupkan sektor pariwisata di Kabupaten Pasuruan. (nul/asd)