Ini 5 Aturan Balkon Ramah Anak

439

Pasuruan (Wartabromo.com) – Baik rumah maupun apartemen yang tinggi, biasanya terdapat balkon. Keberadaan balkon tersebut patutlah menjadi perhatian orang tua yang memiliki anak di bawah umur.

Mengutip beberapa sumber, ada 5 aturan mencegah anak terjatuh dari balkon. Apa saja?

Pertama, usahakan tidak ada kursi dan meja di area balkon. Pasalnya, perabot tersebut bisa dipanjat dan berisiko membuat anak tergelincir. Kalau ingin duduk-duduk di balkon, bawalah kursi dari dalam. Kemudian, masukkan kembali ke dalam apabila sudah digunakan.

Kedua, perhatikan batas aman ukuran besi pagar balkon. Buatlah ukuran celah besi pagar tak lebih dari 4 inchi dan tinggi pagar 1,1 meter. Hal itu dilakukan untuk menghindari anak-anak menelusup di antara celah besi saat bermain di balkon.

Ketiga, selalu mengunci pintu balkon. Terutama saat anak-anak tak berada dalam pengawasan. Hal ini untuk mencegah anak-anak, tanpa sengaja membuka balkon saat bermain.

Keempat, memberikan pemahaman aturan bermain. Jadi, jangan sungkan untuk memberikan anak penjelasan apa saja yang bokeh dan tidak boleh dilakukan saat bermain. Misalnya, tidak memanjat pagar balkon, tidak bermain di balkon saat hujan turun atau ketika bermain di balkon harus dengan pengawasan orang dewasa.

Terkahir, jangan lupa cek kondisi sekeliling balkon. Tujuannya, untuk memastikan tak ada retakan atau kerusakan di area balkon. Apabila ditemukan kerusakan, segera perbaiki supaya anak tetap dapat bermain dengan aman.

Jadi, jangan sampai lalai ya bolo! (bel/may)