Damkar Evakuasi Sarang Tawon Vespa

1311

Mayangan (wartabromo.com) – Unit pemadam kebakaran Kota Probolinggo, kembali mengevakuasi sarang tawon vespa dari salah satu rumah warga. Keberadaan serangga berkoloni ini, membahayakan pemilik rumah.

Senin (2/3/2020) siang, Unit Damkar, mengevakuasi sarang tawon vespa, dari rumah milik Sutarji, 65 tahun, di Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Keberadaan tawon vespa di rumah warga itu, sebelumnya mengancam pemilik rumah. Serta membahayakan anak-anak.

Dengan memakai baju pelindung lengkap, dua petugas kemudian mengevakuasi sarang tawon vespa dari rumah milik Sutarji. Sebelumnya, keberadaan tawon vespa itu sempat mengancam pemilik rumah, serta cucu yang sehari-hari beraktifitas di halaman belakang.

“Waktu kami ke rumah orang tua, di bagian belakang melihat ada sarangnya, besar sekali. Akhirnya kami minta bantuan damkar,” kata anak Sutarji, Imam Ponconugroho, Senin siang, di rumahnya.

Baca Juga :   Krisis Air Bersih, Beredar Hoaks Petugas Droping Air Tarik Pungli

Letak sarang tawon vespa itu sendiri, berada di atap rumah bagian belakang. Lokasinya yang berada di ketinggian, sempat menyulitkan petugas damkar. Butuh konsentrasi tinggi dan ekstra hati-hati, untuk mengevakuasi sarang tawon vespa itu.

“Dua bulan terakhir, sedikitnya sembilan kali evakuasi sudah kami lakukan. Keberadaan serangga berkoloni ini meresahkan masyarakat, lantaran sempat memakan korban di sejumlah daerah. Tak hanya luka, namun sampai menimbulkan korban jiwa. Seperti yang terjadi di Jawa Barat,” terang Kasi Damkar, Abdullah.

Sarang tawon vespa yang dievakuasi dari kediaman Sutarji, tergolong besar. Kejadian tawon vespa menyerang warga, sebelumnya terjadi juga di kantor pajak. Saat itu, petugas kantor pajak dilaporkan pingsan, setelah mendapat sengatan tawon vespa. (lai/saw)