Stok Darah untuk Penderita DBD Habis, PMI Cari Pendonor

1452

Pasuruan (WartaBromo.com) – Stok darah jenis Trombosit Concentrad (TC) di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan habis. Mengatasi hal itu, pihak PMI membuka donor darah di Unit Donor Darah (UUD).

Kepada WartaBromo, Humas PMI Kabupaten Pasuruan Sumarsono mengatakan, stok darah jenis TC telah habis. “Iya, sejak hari ini. Apalagi permintaan darah juga banyak,” ungkap Sumarsono, Senin (27/04/2020).

Ia menjelaskan, jenis TC ini kosong untuk semua golongan darah baik A, B, AB, maupun O. Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya ditunggu di UDD PMI Kabupaten Pasuruan. “Kami buka dari jam 08.00 sampai 21.00,” ungkapnya.

UDD sendiri beralamat di jalan raya Raci, komplek RSUD Bangil, Kabupaten Pasuruan. “Tempatnya tepat di sebelah kantor Dinas Kesehatan (Dinkes),” jelasnya.

Baca Juga :   Dua Warga Reaktif, Salah Satunya Sempat Belanja di Toko Seputar Alun-alun

Sumarsono bilang, tidak ada target berapa kantong darah yang harus ia dapatkan. Berapapun kantong darah yang didapat, akan diterima. “Tidak ada target, berapapun akan kami terima,” imbuhnya.

Jenis darah yang hanya mampu bertahan selama 5 hari ini merupakan jenis darah khusus. Biasanya dipergunakan untuk pasien DBD maupun pasien yang mempunyai trombosit rendah.

“Tapi tetap harus ada diagnosa dari dokter,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, hanya jenis darah TC yang kosong. Untuk jenis darah lainnya, Ia mengaku masih aman. “Stok masih aman, ada 597 kantong darah untuk jenis yang lain,”

Ada 3 jenis darah yang ada di PMI, yakni Whole Blood (WB), Packed Red Cell (PRC), dan Trombosit Concentrad (TC). Sedangkan stok darah yang masih aman jenis WB dan PRC.

Baca Juga :   Wadahi Kreativitas Pemuda, STKIP PGRI Pasuruan Gelar Festival Basa

“Untuk stok darah hari ini, golongan darah A 155 kantong, B 145 kantong, O 250 kantong dan AB 47 kantong,” pungkasnya. (nul/asd)

.

.

.