Pemprov Kehabisan Reagen, Swab 18 PDP Kabupaten Probolinggo Terkendala

1124
Alat tes corona. Foto: Antara

Kraksaan (wartabromo.com) – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Probolinggo menyebut hasil swab 18 PDP belum diketahui. Sebab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) kehabisan pereaksi kimia atau reagen.

“Posisi kami saat ini, masih menunggu hasil swab tersebut,” ujar dr Anang Budi Yoelijanto, Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Probolinggo, Selasa, 28 April 2020.

Dokter Anang menuturkan biasanya hasil swab sudah bisa diketahui setelah 5-6 hari dilakukan tes. Namun, karena Pemprov Jatim kehabisan reagen, maka dibutuhkan waktu yang lebih lama. Karena kendala tersebut bisa sampai 10-12 hari.

“Ya harus antre, mudah-mudahan segera diatasi,” harapnya.
Hingga Senin, 27 April 2020, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) ada sekitar 42 orang secara akumulatif. Dengan rincian 18 orang dalam pengawasan, 12 orang sudah selesai diawasi dan 12 orang meninggal.

Baca Juga :   Panitia Ketakutan, Pilkades Kecik Ditunda

Untuk yang pasien positif Covid-19 sebanyak 17 orang masih dalam perawatan. Hasil pemeriksaan swab masih menunggu dari pemerintah pusat.

“Jadi apabila benar hasilnya positif, maka Jakarta yang berhak menyampaikan ke kita jika hasil pemeriksaan pasien dimaksud adalah benar pasien positif corona,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo itu.

Ia pun mengimbau agar masyarakat semakin tertib, yakni dengan tidak keluar rumah. Pasalnya penularan Covid-19 sudah banyak, sulit diduga dan secara horisontal. (cho/saw)