Gugas Ungkap 2 Perawat RS Bangil Sembuh dari Covid-19

958
IGD RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Gugus tugas ungkap 2 tenaga kesehatan (nakes) RSUD Bangil, Kabupaten Pasuruan sembuh dari Covid-19. Mereka pun dibolehkan pulang dari tempat isolasi.

Diketahui, 2 nakes ini di antaranya perempuan (43) dari Kecamatan Beji yang menjadi pasien positif Covid-19 nomor 22. Kemudian laki-laki (32) dari Kecamatan Rembang yang tercatat sebagai pasien positif dengan nomor 27.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, kedua tenaga kesehatan RSUD Bangil ini sama-sama terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala (OTG/orang tanpa gejala).

“Keduanya perawat di RSUD Bangil. Berdasarkan swab evaluasi yang keluar hari ini, keduanya dinyatakan sehat dan boleh pulang,” kata Anang, Jumat (29/05/2020) sore.

Dijelaskannya, sebelum dinyatakan sehat, kedua pasien ini sudah melalui beberapa swab test. Untuk nakes warga Beji, begitu dinyatakan positif Covid-19 pada 30 April 2020, dirinya langsung menjalani di Hotel Permata Biru, bersama nakes positif Covid-19 lainnya. Selang beberapa hari, ia lantas di-swab test hingga dua kali dengan hasil negatif.

“Total selama kurang lebih 30 hari hari sejak dinyatakan positif Covid-19, nakes dari Beji ini dinyatakan sehat berdasar surat keterangan bebas Covid-19 dari RSUD Bangil. Tadi sudah pulang,” imbuhnya.

Sedangkan nakes dari Kecamatan Rembang, setelah dinyatakan positif Covid-19 pada 1 Mei 2020, langsung menjalani isolasi di Hotel Permata Biru. Total hampir 29 hari lamanya, nakes ini akhirnya dinyatakan sehat setelah dua kali dilakukan swab dengan hasil negatif.

“Setiap pasien positif Covid-19 sembuhnya banyak yang berbeda. Ada yang sebentar, ada juga yang lama. Karena semuanya juga tergantung hasil swab. Kalau dua kali swab evaluasi negatif, pasti dinyatakan sehat. Tapi andai masih hasil swab-nya positif, maka harus diisolasi sampai sembuh,” tegasnya.

Sembuhnya dua pasien Covid-19 ini menjadi berita menggembirakan para petugas yang menangani pasien Covid-19. Anang berharap kepada seluruh pasien yang masih menjalani isolasi di RSUD Bangil, Rumah Isolasi, maupun Hotel Permata Biru, tetap semangat dan kuat melawan Covid-19.

Dengan begitu, total ada 12 pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Pasuruan yang sembuh. Mereka yang sembuh itu terdiri 2 warga Beji, 1 warga Gempol, 2 warga Gondangwetan, 1 warga Lumbang, 1 warga Purwodadi, 2 warga Puspo, dan 3 warga Rembang. (mil/ono)