Juwet, ‘Anggur Jowo’ yang Makin Sulit Ditemukan

2273

Pasuruan (Wartabromo.com) – Nama buah juwet mungkin asing di telinga anak jaman_now. Namun, bagi orang tua dan anak generasi ’90, buah juwet memiliki kenangan tersendiri.

Ya, buah yang kerap disebut anggur jowo ini kini mulai susah ditemukan. Terkait nama, selain juwet ada yang menyebut duwet, dan beberapa daerah mungkin berlainan.

Tak banyak pula yang menjualnya di pasaran. Tapi tenang, kali ini WartaBromo merangkum dari beberapa sumber tentang fakta unik juwet untuk mengingat kembali masa-masa itu.

  1. Buah andalan pada masanya
    Juwet, merupakan salah satu buah legendaris. Zaman dulu, tak sulit menemukan buah berwarna ungu kehitaman ini. Pohonnya banyak tumbuh di tepi-tepi sungai maupun halaman rumah.
    Jika ingin menikmati, biasanya ramai-ramai memetik sendiri buah juwet. Ketinggian pohon juwet yang bisa mencapai 30 meter, tak menyurutkan keinginan memanjat.
  2. Punya rasa unik
    Populer pada masanya, buah juwet memiliki rasa unik. Sepat, manis, asam seakan beradu dalam mulut.
    Sensasi menarik lainnya yakni setelah memakan juwet, gigi akan berubah warna menjadi biru keunguan. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.
  3. Jenisnya macam-macam
    Buah satu ini memiliki 2 macam, juwet hitam dan juwet putih.  Juwet hitam, seperti yang diketahui memiliki kaya rasa. Sementara juwet putih memiliki rasa yang cenderung manis.
  4. Memiliki segudang manfaat
    Meski buah ini sering dipandang sebelah mata, siapa sangka juwet memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan serat, zat besi, kalsium, fofor, magnesium, antioksidan hingga mampu memenuhi kebutuhan sel darah merah menjadi beberapa di antaranya. Bahkan buah juwet dipercaya mampu mengobati diabetes. Pasalnya, indeks glikemik buah juwet, rendah.

(bel/ono)