BPK Temukan Kekurangan Volume di 7 Proyek Jalan, Berikut Daftarnya

7251

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur menemukan kekurangan volume pekerjaan pada 7 proyek peningkatan jalan di Kabupaten Pasuruan tahun 2019 silam.

Temuan itu terungkap dari hasil pemeriksaan fisik oleh BPK yang dilakukan pada Januari-Februari 2020 lalu. Dari ketujuh proyek tersebut, total nilai kekurangan volume mencapai Rp 231 juta.

Sesuai Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK yang dikeluarkan Juni lalu, temuan paling besar terdapat pada proyek peningkatan jalan Rejoso-Gading.

Oleh BPK, proyek senilai Rp 3, 3 miliar (sesuai dokumen kontrak) itu didapati kekurangan volume pekerjaan sebesar Rp 75, 2 juta. CV. ANJ tercatat sebagai pelaksana proyek ini.

Proyek kedua dengan jumlah kekurangan volume pekerjaan paling besar ada pada proyek peningkatan jalan Sebandong-Kayoman. Angkanya mencapai Rp 60, 9 juta dengan CV. CP sebagai pelaksananya.

Lalu, ada juga proyek pemeliharaan berkala Jalan Ketegan-Pandansari dengan nilai kontrak Rp 483, 3 juta. Hasil pemeriksaan oleh BPK ditemukan kekurangan volume sebesar Rp 31 juta. Proyek ini dikerjakan oleh CV. DST.

Kemudian, peningkatan jalan Suwayuwo-Mojotengah dengan CV. SMA sebagai pelaksananya. Proyek ini bernilai kontrak sebesar Rp 688, 4 juta dengan temuan sebesar Rp 22, 2 juta.

Berikutnya, pemeliharaan jalan Dusun Sekarputih, Desa Dadapa-Patuguran oleh CV. PP dengan nilai kontrak sebesar Rp 294, 2 juta. Temuan kekurangan volume sebesar Rp 17, 4 juta.

Terakhir, peningkatan jalan Banjarsari-Candi oleh CV. SM dan pemeliharaan berkala jalan Dusun Tongso, Desa Sukoreno, Prigen oleh CV. SJ.

Kedua proyek tersebut bernilai kontrak Rp 1, 6 miliar dan Rp 521 juta. Total kekurangan volume yang ditemukan dari keduanya sebesar Rp 24 juta.

“Berdasar hasil pemeriksaan fisik bersama rekanan, PPK, PPTK, konsultan pengawas dan personel Inspektorat menunjukkan kekurangan volume pada tujuh kontrak tersebut sebesar Rp 231, 2 juta,” tulis BPK dalam laporannya. (tof/asd)