Ada 10 Ribu Warga Kabupaten Probolingo Terima Bantuan Sembako dari Pemprov

1325

Probolinggo (wartabromo.com) – Warga Kabupaten Probolinggo kembali menerima bantuan sosial (bansos) dengan total nilai Rp2 miliar. Bantuan berupa paket sembako itu, merupakan jaring pengaman sosial (JPS) tahap 2 dari Pemprov Jatim.

Bansos dari provinsi itu menyasar sekitar 10 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) tersebar di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Terbanyak ada di Kecamatan Maron dengan 993 keluarga. Disusul Kecamatan Tongas sebanyak 690 keluarga, Kecamatan Paiton 667 keluarga, Gading 517 keluarga, dan Kecamatan Krucil sebanyak 496 keluarga.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) pada Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo, Ofie Agustin menerangkan, JPS tahap 2 mulai disalurkan 4 Agustus. Penyaluran akan berlangsung hingga 13 Agustus.

Baca Juga :   Fakta dan Pengakuan Istri Hantamkan Tabung LPG ke Suami : Belitan Cinta Segitiga

“Penyalurannya secara bertahap hingga 3 hari ke depan. Berupa paket sembako,” ujarnya pada Senin, 10 Agustus 2020.

Total paket sembako Rp2 miliar digelontorkan. Dengan nominal senilai Rp200 ribu/paket, sembako terdiri dari 10 kilogram beras premium, 1 kilogram gula pasir, 10 butir telur, 1 liter minyak goreng, sarden kemasan 155 gram, kecap manis kemasan 135 mililiter, serta 12 bungkus mie instan.

Bantuan JPS tahap 2 tersebut, menyasar keluarga yang tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan non DTKS terdampak pandemi Covid-19. Tercatat, ada 226.206 keluarga di Kabupaten Probolinggo yang masuk DTKS.

Selain Kabupaten Probolinggo, 37 kabupaten/kota se-Jatim juga menerima JPS. Total penerima 665.000 keluarga penerima manfaat atau KPM.
“Setelah tahap 1 dan 2 disalurkan, masih ada tahap 3. Kami sebenarnya mengusulkan lebih dari 10 ribu KPM. Mudah-mudahan usulan penambahan itu, dikabulkan oleh provinsi,” sebut mantan Kabid Infokom Diskomimfo Kabupaten Probolinggo itu. (saw/ono)