Tips Hemat Kuota Saat Zoom Meeting

1023

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Rapat ataupun proses belajar mengajar menggunakan Zoom masih dijadikan alternatif di tengah kondisi pandemi. Namun, tak sedikit yang terkendala dengan jaringan.

Nah, supaya meeting tetap lancar tapi hemat kuota, bolo warmo bisa mencoba tips yang dikutip dari viva berikut.

1. Matikan video saat tidak dibutuhkan

Ketika tatap muka tidak dibutuhkan, bolo warmo bisa mematikan kamera. Cara ini merupakan cara termudah untuk menghemat data.

Selain mematikan fitur video, matikan pula mode HD. Menggunakan video resolusi HD, akan menyedot lebih banyak data. Tak hanya video, audio juga bisa dimatikan ketika sedang tidak diperlukan.

2. Gunakan dokumen kolaboratif online dibanding share screen

Ya, dibanding menggunakan fitur share screen, disarankan untuk menggunakan dokumen kolaboratif online. Layanan tertentu, seperti Box Notes, Office Online Documents, dan Google Apps bisa jadi pilihan.

Jika memang mengharuskan menggunakan fitur share screen, segera matikan berbagi layar saat sudah tidak lagi diperlukan.

3. Gunakan opsi perekaman cloud untuk rapat Zoom

Pengajar atau para host yang merekam sesi Zoom dapat memanfaatkan opsi perekaman cloud. Rekaman cloud ini akan secara langsung ditransfer ke layanan Video on Demand Cornell. Jadi, rekaman tidak perlu diunggah dari komputer.

4. Batasi aktivitas bandwidth tinggi orang lain di sekitar

Jika jaringan internet digunaan bersama, pastikan orang lain tidak melakukan streaming video atau musik, bermain game online, atau mengunggah dan mengunduh file besar. Pasalnya, aktivitas tersebut cukup mengganggu performa Zoom.

Hal serupa juga berlaku buat bolo warmo yang sedang menggunakan zoom. Hindari menjalankan aplikasi padat data seperti yang dijelaskan di atas. (bel/ono)