Pemkot Datangkan Mesin PCR, Bulan Depan Bisa Digunakan

692
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mesin polymerase chain reaction (PCR) sudah didatangkan Pemkot Pasuruan. Mesin tersebut diperkirakan bisa dipakai bulan depan.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat menjelaskan, sejumlah perlengkapan mesin PCR sudah tiba, di antaranya biosafety cabinet, vortex mixer, spindown centri, laboratory microcentri.

“Yang alat utamanya datang hari Selasa,” ujar Kokoh kepada WartaBromo, Senin (23/11/2020).

Menurut Kokoh, dalam minggu ini seluruh alat perlengkapan mesin PCR tersebut datang. Sementara itu ruangan di rumah sakit yang bakal dipakai juga sudah siap.

“Targetnya minggu kedua bulan Desember sudah bisa dipakai,” imbuh Kokoh.

Untuk diketahui, pembelian mesin PCR ini menjadi sorotan Pansus Covid-19 Kota Pasuruan. Ketua Pansus, Abdullah Junaedi mengatakan, kebutuhan mesin PCR ini sangat mendesak, sementara pemkot dinilai molor dalam proses pembeliannya.

Pada waktu rapat bersama Pansus Covid-19 Kota Pasuruan beberapa waktu lalu, untuk pembelian mesin PCR ini, Pemkot telah menyiapkan anggaran sebesar Rp4 miliar.

Anggaran Rp4 miliar ini memiliki rincian, pembeliat alat seharga Rp800 juta; renovasi ruangan bertekanan negatif Rp1,4 miliar; reagen pemeriksaan sampel seharga Rp1,8 miliar. (tof/ono)