Surat Suara Tiba di KPU, Belasan Ditemukan Rusak

614
Petugas melakukan pemeriksaan surat suara yang baru tiba di KPU Kota Pasuruan, Minggu (22/11/2020) sore. Foto: Amal Taufik.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Surat suara Pilwali yang digelar 9 Desember mendatang sudah tiba. Total ada 150.449 surat suara yang  dikirm ke kantor KPU Kota Pasuruan di Jalan Panglima Sudirman itu.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari mengatakan, surat suara tersebut dicetak di Kabupaten Jember dan dikirim ke Kota Pasuruan, Minggu (22/11/2020) sore.

Jumlah surat suara yang dicetak tersebut, dijelaskan Royce, dihitung berdasar jumlah DPT per TPS ditambah 2,5 persen dari jumlah DPT per TPS.

“Yang 2,5 persen itu surat suara cadangan,” kata Royce kepada WartaBromo.

Ratusan ribu surat suara tersebut saat ini dilipat di kantor KPU Kota Pasuruan. Untuk proses pelipatan surat suara ini, dijelaskan Royce, KPU menggandeng pihak ketiga.

Pantauan WartaBromo, selama proses pelipatan surat suara berjalan, sementara ada 13 surat suara yang rusak. Kerusakan itu terjadi pada proses pencetakan, di mana di pinggiran surat suara terdapat bercak-bercak tinta berwarna hitam.

Sebelum surat suara, sebanyak 357 kotak suara terlebih dulu tiba di KPU. Selain itu, logistik untuk protokol kesehatan seperti hand sanytizer, masker, disinfektan, dan face shield juga sudah datang. (tof/asd)