Cek Fakta Video Viral Erupsi Gunung Semeru

3513

Lumajang (WartaBromo.com) – Gunung Semeru mengalami erupsi pada Selasa (1/12/2020). Jagad sosial media pun dihebohkan dengan munculnya video gunung erupsi dengan memuntahkan lava pijar.

Setidaknya ada 2 video yang beredar di sosial media. Video pertama berdurasi sekira 30 detik. Dalam video terlihat sebuah gunung yang sedang erupsi dan mengalirkan lava pijar. Gambar tersebut diambil disertai latar perairan seperti danau, dengan kapal-kapal di sekitarnya.

Sementara itu, video kedua berdurasi sekira 35 detik. Berbeda dengan yang pertama, pada video kedua gunung terlihat separo saja. Gunung tersebut juga mengeluarkan lava pijar disertai awan panas.

Wartabromo kemudian melakukan cek fakta pada dua video tersebut. Hasilnya, video pertama bukan merupakan erupsi gunung Semeru, melainkan erupsi gunung Sakurajima yang berlokasi di Jepang pada November 2019 lalu.

Disinformasi juga terjadi pada video ke-2. Gambar berdurasi 35 detik tersebut merupakan erupsi gunung Sinabung.

Video kedua sering kali disebarkan saat erupsi gunung terjadi. Termasuk erupsi Gunung Merapi pada 2018 dan Gunung Agung pada 2017 lalu. Gambar tersebut pernah diklarifikasi oleh alm. Sutopo Purwo Nugroho, saat menjabat menjadi Kepala Pusat Data dan Humas BNPB. (may/ono)