[CEK FAKTA] Pemerintah Beri Subsidi Pulsa Rp200 ribu dan Kuota 75 Gb untuk Pelajar dan Pengajar

3494

Jakarta (WartaBromo.com) – Baru-baru ini beredar pesan adanya subsidi bantuan pulsa dan kuota pelajar dari pemerintah. Kabarnya warga bakal mendapatkan pulsa Rp200 ribu dan kuota sebesar 75 gigabyte.

Pesan ini beredar luas di aplikasi perpesanan Whatsapp. Isinya mengenai informasi bantuan pulsa untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama masa pandemi. Pesan ini juga menautkan sebuah link dengan tumbnails ‘Pemberian Subsidi Kuota Internet Selama Masa Study From Home’.

Dalam pesan tersebut, ada 2 situs yang terlihat jika dibuka dari ponsel. Situs pertama ada di kolom chat yakni kuotapelajar online. Sementara situs kedua tertera pada keterangan tumbnails yang mengatasnamanak kemendikbud.go.id.

Setelah dibuka, maka warga akan ditujukan sebuah laman utama yang berisi informasi subsidi beserta testimoni. Pengguna kemudian diminta untuk klik tombol periksa, dan memasukkan nomor di sana.

Pada tahap akhir, pengguna diminta untuk membagikan informasi ini di grup whatsapp dan teman, supaya subsidi bisa cair.

Namun, benarkah pemerintah bakal memberi subsidi kuota internet ini?

“Faktanya, klaim bahwa link itu terkait bantuan dari Kominfo adalah salah. Hal ini adalah kabar bohong lama yang kembali beredar di tengah masyarakat dengan sedikit modifikasi,” jelas Kominfo dalam laman resminya.

Dilanjutkan kemudian, link pesan tersebut diduga merupakan modus penipuan dengan upaya phising. Seperti dikutip dari medcom.id, upaya phising atau peretasan ini berbahaya. Sehingga pengguna harus berhati-hati sebelum klik sebuah situs.

Sekadar diketahui, pemerintah memang memberikan kuota gratis untuk pengajar dan pelajar. Namun demikian, pemberian kuota internet gratis ini tak sembarangan. Ada proses pendaftaran yang dilakukan lembaga penyelenggara Pendidikan ke Kemdikbud. Kemudian bakal dilakukan proses verifikasi, sebelum dicairkan.

Nah, jika bolo warmo ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bantuan pemerintah di bidang Pendidikan ini, ada situs resmi yang telah disediakan. Bolo warmo cukup mengakses link kuota-belajar.kemdikbud.go.id. Bukan situs lain yang berbahaya ya! (may/ono)