Warga Was-was, Tanggul Penahan Ombak di Pulau Gili Jebol Lagi

604

Sumberasih (wartabromo.com) – Tanggul penahan ombak di Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo kembali jebol. Warga pun was-was dan memilih mengungsi menghindari bahaya.

Tangkis laut yang jebol sejak 3 hari ini berada di sisi utara Pulau Gili. Sejumlah warga mengungkapkan, tanggul ini jebol setelah ombak setinggi 5 meter menerjangnya. Padahal 2 pekan lalu, tanggul penahan di sisi barat juga dihantam ombak hingga jebol.

Berdasarkan data, setidaknya ada 10 titik tanggul yang jebol dihantam ombak. Semuanya tersebar pada sisi utara Pulau Gili yang panjangnya sekitar 3 kilometer.

Kondisi itu membuat warga merasakan was-was setiap hari. Sebab, ombak masih sangat tinggi karena cuaca buruk.

“Tingginya ombak ini sampai di atap genteng rumah. Sedangkan jarak antar rumah hingga ke tepi pantai hanya beberapa meter saja,” kata salah satu warga, Arbai, Rabu (24/2/2021).

Meski demikian, Arbai menjadi salah satu warga yang masih bertahan di rumah. Sementara warga lain memilih mengungsi pada malam hari, ke tempat kerabat atau rumah warga lain yang aman dari ombak.

Pemerintah desa mencatat, ada sekitar 200 warga yang tinggal di sepanjang bibir pantai sisi utara pulau ini. “Sebagian di antaranya mengungsi ke rumah warga yang di sisi selatan pada malam hari. Kemudian pagi harinya, bergotong-royong membangun tanggul sementara dari tumpukan karung pasir,” kata Kasi Kesra Desa Gili Ketapang, Salehudin.

Warga berharap cuaca buruk ini segera berakhir. Pun tanggul penahan ombak juga segera diperbaiki.

“Kami juga berharap, ada perhatian segera dari pemerintah daerah. Terkait nasib kami di Pulau Gili Ketapang ini. mengingat cuaca buruk masih berlangsung,” tandasnya. (lai/may)

Simak videonya: