Dianggap Tak Sehat, Ternyata Ini 5 Khasiat Air Rebusan Mie Instan

1390

Pasuruan (WartaBromo.com) – Rasa yang lezat dan harga terjangkau membuat mie instan begitu digemari khalayak. Hanya saja, makanan ini dianggap tak sehat, baik karena bumbu hingga air rebusannya.

Saking dianggap tidak sehat, banyak orang mensiasati untuk membuang air rebusan mie instan dan menggantinya dengan air baru. Ternyata, hal ini tidak dibenarkan oleh ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Profesor Hardiansyah.

“Beberapa vitamin mudah larut. Ada vitaminnya di sana. Tidak apa-apa dimakan juga,” kata Hardin saat dihubungi oleh wartawan.

Dinukil dari tribunnews.com, selain bisa dikonsumsi secara langsung, ternyata air rebusan mie instan memiliki lima khasiat yang bisa dimanfaatkan. Apa saja? Simak, yuk!

Baca Juga :   Begini Cara Mengobati Cantengan di Rumah

1. Menyiram Tanaman

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi menyatakan bahwa air rebusan mie instan bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Pasalnya, dalam air rebusan ini mengandung kadar mineral tinggi yang bisa membantu menumbuhkan tanaman.

Hanya saja, saat hendak menyiramnya usahakan untuk mendinginkan lebih dahulu. Jangan asal menyiram saat air rebusan mie instan masih panas.

2. Merendam Kacang atau Sayuran

Kacang-kacangan memiliki tekstur keras sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama saat dimasak. Nah, ternyata untuk mempercepat proses pelunakan kacang atau sayuran, air hasil rebusan mie instan bisa dimanfaatkan.

Cara menggunakannya adalah, saring lebih dahulu air rebusan mie yang tidak terpakai. Masukkan kacang-kacangan atau sayuran yang hendak di masak, diamkan selama 5-7 menit saja, lalu tiriskan.

Baca Juga :   Tips Mudah Dapat Pekerjaan Bagi Fresh Graduate yang Minim Pengalaman

3. Mencuci Piring

Piring kotor bekas lemak susah dibersihkan? Jangan galau! Coba saja merendam piring kotor ke dalam air hasil rebusan mie instan selama 5 menit. Lalu usap menggunakan spons yang sudah diberi sabun dan bilas sampai bersih.

Lemak membandel di piring akan terangkat maksimal. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena air hasil rebusan mie instan mengandung pati yang bertindak sebagai pembersih alami.

4. Meredakan Kaki yang Sakit

Terkadang, air hangat biasa kurang mampu meredakan bagian tubuh yang nyeri, terutama kaki setelah beraktivitas seharian. Nah, coba saja gunakan air hasil rebusan mie instan.

Bagaimana caranya? Panaskan lagi air rebusan mie instan yang sudah disaring sesuai suhu yang diinginkan. Kemudian, masukkan kaki ke dalamnya selama beberapa saat.

Baca Juga :   Lakukan Tips Sederhana Berikut Bagi Kamu yang Pelupa!

5. Menambah Kilau Rambut

Rambut kusam dan lepek? Jangan sedih! Air rebusan mie instan ternyata bisa digunakan untuk menambah kilau rambut. Caranya, siram air rebusan mie instan ke rambut, cuci menggunakan shampo dan bilas menggunakan air bersih.

Hanya saja cara yang kelima ini tidak dianjurkan bagi yang memiliki kulit kepala sensitif. Untuk itu, sebaiknya berhati-hati jika ingin mencoba dan konsultasikan dengan ahli kesehatan. (trj/may)