Ini 5 Kelebihan Introvert dan Cara Memanfaatkannya

776

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Salah satu tipe kepribadian yang paling familiar adalah introvert. Tipe ini cenderung dianggap kurang baik dan anti sosial, sehingga tak heran introvert lebih sering dikucilkan dalam pergaulan.

Sayangnya, tak banyak orang menyadari bahwa kepribadian introvert memiliki kelebihan tersembunyi. Bahkan, berkat kelebihan inilah seorang Introvert mampu lebih dahulu mencapai kesuksesan dan mendapatkan teman sejawat yang baik.

Dinukil dari klikdokter.com, ada lima kepribadian introvert yang sejauh ini tak disadari. Padahal, jika disadari, setiap orang introvert bisa memanfaatkannya dengan baik untuk bersosialisasi di masyarakat.

Apa saja? Yuk, simak!

1. Hebat dalam Mengamati

Tahukah bolo, introvert cenderung lebih dalam mengamati dibandingkan tipe kepribadian lain? Saking hebatnya dalam mengamati sesuatu, introvert dijuluki sebagai ‘They’re a Greaf Observed’.

Hal ini terjadi karena introvert lebih banyak memproses pengamatannya terhadap lingkungan disekitar. Lalu bagaimana cara memanfaatkannya?

Caranya adalah perhatikan secara detail apa yang ada disekitar. Buat list pengamatan mulai dari yang sederhana hingga paling penting. Kemudian filter dan pilih tiga list tersebut yang paling penting. Lalu biasakan diri membangun hal tersebut secara konsisten.

2. Pendengar yang Baik

Seorang introvert akan sangat berhati-hati mendengar perkataan orang yang sedang bicara. Oleh karena itu, introvert bisa jadi sangat memahami maksud dari pembicaraan tersebut.

Cara memanfaatkannya kebiasaan ini adalah dengan menanamkan mindset positif bahwa segala hal bisa dipelajari dari siapapun. Serta, belajarlah untuk tahu kapan waktu memberi saran dan kapan waktu untuk mendengarkan.

3. Lebih Nyaman Sendirian

Orang introvert lebih suka sendirian, sebab situasi tersebut membuatnya lebih bersemangat dan cepat mendapatkan ide kreatif baru. Meski sebenernya hal ini tidak begitu baik jika diterapkan dalam lingkungan sosial.

Untuk memanfaatkan kelebihan ini, seorang introvert bisa menggunakan waktu untuk menciptakan sesuatu yang baru. Misalnya, lebih baik menulis buku, jurnal atau penelitian daripada hanya sekedar membacanya.

4. Fokus dalam Melakukan Sesuatu

Introvert cenderung akan memilih ‘deep’ daripada ‘breadht’ dalam melakukan sesuatu. Introvert juga lebih suka meningkatkan kualitas dibandingkan kuantitas.

Untuk memanfaatkannya, maka gunakan hal ini sebagai penyemangat diri saat menguasai bidang tertentu. Tak hanya itu, manfaatkan juga untuk mempermudah proses menekuni bidang tersebut.

5. Berpikir Sebelum Bicara

Tak banyak yang menyadari, bahwa apa yang keluar dari mulut seorang introvert hampir sudah difilter berkali-kali dari otaknya. Hal tersebut dilakukan karena introvert sangat tidak ingin melakukan kesalahan ketika bicara.

Cara memanfaatkannya adalah dengan tidak menolak ketika diberi kesempatan menjadi leader. Pasalnya, dalam diri introvert memiliki kecenderungan untuk mempengaruhi dan menginspirasi orang di sekitar. (trj/may)