Pesta Kelulusan SMK di Kota Probolinggo Diwarnai Rusak Sekolah

766

Probolinggo (WartaBromo) – Sejumlah siswa di Kota Probolinggo merayakan kelulusan dengan berkonvoi pada Senin, 7 Juni 2021. Sayangnya euforia itu diwarnai dengan merusak fasilitas sekolah lain.

Informasi yang dapat wartabromo.com, lembaga pendidikan yang menjadi sasaran pengrusakan itu adalah SMK A Yani di Jalan Mastrip Kelurahan / Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Sedangkan pelakunya diduga oknum siswa asal SMKN 4 Kota Probolinggo. Aksi siswa tersebut diabadikan oleh warga dan diunggah di media sosial.

Kejadian itu bermula ketika dua hari lalu, siswa SMK A Yani melakukan aksi konvoi serupa. Mereka berkonvoi hingga di depan sekolah SMKN 4, Jalan Semeru Kelurahan/Kecamatan Kademangan.

Sesampainya di depan sekolah SMKN 4, siswa SMK A Yani melakukan perilaku tidak sopan kepada siswa SMKN 4 dengan lontaran kata-kata kasar.

Tak terima dengan perbuatan oknum siswa SMK A Yani, aksi itu dibalas oleh oknum siswa SMKN 4. Setibanya di sekolah swasta itu, mereka melakukan pelemparan terhadap gedung sekolah plat merah. Batu dilempar dari jalan raya dan mengenai salah satu gedung.

“Gak masuk, mereka mengambil batu di jalan lalu langsung menghantam ke sekolah, tepatnya di ruangan guru. Ya terlihat dari seragamnya yang di corat-coret,” tutur Purnama, seorang pemilik toko depan SMK A Yani.

Sementara Yani, satpam sekolah, menyebut tak semua siswa yang melakukan pelemparan memakai seragam. Ada juga komplotan pemuda tergabung tidak mengenakan seragam. Aksi mereka berlangsung begitu cepat.

“Gak sampai lima menit, Mas. Ada juga yang berpakaian preman tadi saya liat,” imbuhnya.

Aksi itu sudah dilaporkan oleh pihak SMKN 4 ke kepolisian. “Beruntung tidak ada yang terkena imbasnya dan kami sudah laporan kepada pihak berwajib untuk ditindaklanjuti,” kata Septa, Waka kesiswaan SMK A Yani. (lai/saw)