Hai Bund, Yuk Ketahui Manfaat Musik Untuk Perkembangan Bayi

293

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebagai seorang bunda, sudah pasti sering mendengar manfaat musik untuk bayi. Baik sejak si bayi berada di dalam kandungan maupun telah lahir ke dunia.

Sayangnya, para bunda di jaman sekarang sudah tak lagi memperhatikan tumbuh kembang buah hatinya. Kebanyakan lebih mengambil jalan pintas menghibur bayinya menggunakan gadget dari pada memperdengarkan musik.

Nah, untuk sekedar membuka wawasan, dari beberapa sumber yang sudah dilansir, ternyata ada beberapa manfaat untuk si buah hati jika memperdengarkan musik padanya sedari kecil

Apa saja?

1. Mengasah Kemampuan Berbahasa

Bunda harus tahu, musik sangat berpengaruh terhadap perkembangan bahasa pada bayi. Jangan salah, walau belum bisa merangkai kata-kata, bayi sudah tahu lho bahasa apa yang digunakan orang tuanya!

Sebagai contoh, bayi newborn yang bahasa ibunya adalah bahasa Indonesia akan tetap senang mendengarkan lagu anak-anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain seperti bahasa Inggris. Namun, saat usianya 4 atau 5 bulan, bayi sudah mulai bisa membedakan bahasa di lagu anak-anak yang sering didengar.

2. Membuat Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Tanpa bunda sadari, ternyata memperdengarkan musik kepada bayi, bisa membuat tidur bayi lebih nyenyak. Nah, jika bunda memiliki seorang bayi yang tidurnya cukup sulit tetapi lebih sering terbangun, maka putarkan musik anak-anak.

Bisa juga musik yang bernuansa religi atau musik apapun yang disenangi oleh sang bayi. Nah, jika tidak percaya, yuk buktikan saja! Manfaat ini akan benar-benar terasa jika bunda rutin memperdengarkan musik yang sama setiap si bayi akan tidur.

3. Mengembangkan Karakter dan Keterampilan Sosial

Manfaat musik bagi perkembangan bayi berikutnya adalah mampu membantu mengembangkan karakter dan keterampilan sosialnya saat besar nanti. Tak hanya itu, musik juga akan membantu si buah hati dalam proses pengendalian diri.

4. Melatih Kemampuan Untuk Mengenali Ritme

Neurosains menunjukkan, manfaat musik pada bayi adalah mampu memaksimalkan perkembangan dan kemampuan otak dalam hal mengenali ritme. Hal ini nantinya akan sangat berguna ketika si buah hati beranjak remaja, ia takkan mudah marah dan mampu mengatur kontrol emosi diri sendiri. (trj/may)