Waspada! Lumajang Kembali Zona Oranye

685

 

Lumajang (WartaBromo.com) – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Lumajang mulai beberapa hari terakhir mengalami kenaikan. Bahkan sejak 23 Juni 2021, Kabupaten Lumajang masuk dalam zona oranye.

Data dari sebaran Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang per 23 Juni 2021, ada penambahan kasus sebanyak 15 orang terkonfirmasi positif. Sementara 10 orang dinyatakan sembuh dan 3 lainnya meninggal dunia. Secara akumulatif ada 3172 kasus Covid-19 di Kabupaten Lumajang dengan 89 kasus aktif.

Peningkatan kasus tersebut, tentu menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Lumajang. Pasalnya, pada bulan Mei lalu Kabupaten Lumajang selama tiga minggu tidak ada penambahan kasus Covid-19.

“Hari ini terjadi peningkatan kasus Covid-19, padahal bulan kemarin itu tiga minggu kita nol kasus positif, rumah sakit juga kosong, tapi hari ini hampir diseluruh wilayah Indonesia angka terkonfirmasi positif Covid-19 cukup membuat kita lebih waspada,” ujar Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati saat dikonfirmasi disela kegiatannya, Rabu (23/6)

Untuk itu, Wabup meminta agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan baik, dalam berbagai kegiatan. Terlebih, adanya varian baru turut mempercepat penularan.

“Varian baru ini penularannya sangat cepat,” imbuhnya.

Peningkatan kasus Covid-19 juga diikuti dengan adanya kebijakan Pemerintah Daerah terkait pengurangan jam dinas ASN dengan Surat Edaran Sekda Nomor 800/177427.72/2021 tentang penyesuaian sistem kerja aparatur sipil negara dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang. (rul/may)