Rumah Sakit Kewalahan, Pemkab Pasuruan Berdayakan Puskesmas untuk Bantu Tangani Pandemi

1712

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan berencana memberdayakan puskesmas untuk menangani pasien Covid-19. Pasalnya, rumah sakit rujukan Covid-19 sudah kewalahan.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya menuturkan, dalam mengatasi antrean pasien Covid-19 di rumah sakit, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah rencana. Di antaranya menambah bed (tempat tidur) untuk di rumah sakit rujukan.

“Kedua, kami sedang menggalang agar Puskesmas-puskesmas untuk pelayanan isolasi mandiri,” terang Anang, Rabu (21/7/2021).

Menurut Sekda, puskesmas nantinya akan berperan dalam mengedukasi pasien covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman). Termasuk tata cara isoman dan anjuran-anjuran selama isoman.

“Minimal edukasi kepada masyarakat yang isolasi mandiri, harus melakukan tindakan apa, harus makan yang banyak vitamin,” tambahnya.

Baca Juga :   Bidik Pariwisata Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Pemkab Pasuruan Bangun Showroom UMKM di 2 Kecamatan

Lalu, apakah tenaga kesehatan yang disiagakan di Puskesmas tersebut siap? Anang berharap para nakes yang sedang terpapar Covid-19 bisa segera sembuh. Sehingga bisa segera berjuang kembali menangani Covid-19.

“Karena apa, vaksinasi juga harus jalan, kedua pelayanan orang-orang yang isolasi mandiri,” tutupnya.

Dalam beberapa hari sebelumnya, kondisi IGD RSUD rujukan Covid-19 milik Pemkab Pasuruan sudah kewalahan menangani pasien yang hendak berobat. IGD RSUD Bangil menerapkan sistem buka tutup, sedangkan IGD RSUD Grati sempat tutup selama 4 hari untuk penataan pasien. (oel/asd)