Kabupaten Pasuruan PPKM Level 2, Vaksinasi Tak Lagi di Kecamatan Tapi Ke Desa – Desa

1430

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemkab Pasuruan akan memaksimalkan vaksinasi di wilayahnya. Vaksinasi tak lagi dilakukan di puskesmas maupun kecamatan. Melainkan petugas kesehatan langsung turun ke desa-desa untuk mem-vaksin warga agar prosentase cakupan vaksinasi terus meningkat dan merata di semua wilayah di Kabupaten Pasuruan.

“Di dalam kegiatan Vaksinasi Kolaborasi ini, kita mengkolaborasikan semua potensi dan kekuatan. Mulai dari TNI, POLRI, Kejaksaan, Pengadilan , Pemda hingga kecamatan kita gerakkan sampai desa. Tempatnya bukan di Puskesmas, tapi langsung grebek desa. Vaksinator turun langsung di Balai Desa untuk menyuntikkan vaksin ke warga,” kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat ditemui di Gedung Segoropuro, Senin (20/09/2021) siang.

Selama vaksinasi berlangsung, Pemkab Pasuruan tak hanya melibatkan para vaksinator di RSUD maupun puskesmas saja, melainkan nakes yang bekerja di RS swasta hingga klinik-klinik kesehatan.

Baca Juga :   Klarifikasi Dinas, Anggota Dewan Ini Sampai Gebrak Meja di Rapat Pansus

Kata Gus Irsyad, vaksinasi akan dilakukan di 16 kecamatan yang prosentase capaian vaksinasi lebih rendah bila dibandingkan dengan 8 kecamatan lain.

“Bukan lagi kecamatan yang kasus aktifnya tinggi, tapi kecamatan yang capaian vaksinasinya masih rendah. Contohnya, kalau ada satu kecamatan yang cakupan vaksinasi nya sangat rendah, maka inilah yang akan kita prioritaskan. Tapi bukan berarti kecamatan lain tidak kita sasar,” jelasnya.

Seperti diketahui, pada Minggu (19/09/2021) kemarin, tidak ada satu pun warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan terpapar Covid-19 maupun yang meninggal dunia karena virus corona. Kasus aktif Covid-19 pun juga menurun drastis, dan hanya menyisakan 52 orang yang dirawat.

Hanya saja, meski kasus Covid-19 sangat rendah, tapi Kabupaten Pasuruan yang sempat masuk Level 1 PPKM, kini kembali ke Level 2.

Baca Juga :   Vaksinasi di Kota Pasuruan Belum Capai Target 70 Persen

Dijelaskan Gus Irsyad, Pemerintah Pusat memberikan kebijakan baru bagi daerah yang level kasus positifnya sangat rendah, harus diimbangi dengan cakupan vaksinasi yang bisa menyentuh di angka 50-70% agar bisa masuk ke Level 1.

Sementara ini, datangnya vaksin ke Kabupaten Pasuruan juga secara bertahap. Sehingga Pemkab Pasuruan hanya bisa menunggu datangnya vaksin.

“Saya kira Pemerintah Pusat dan Pemprov punya kebijakan, ya kita tunggu. Kami bukan lambat, karena masyarakat tahunya Pemkab, tapi kita pahami bahwa vaksin datangnya bertahap. Pertama kita prioritaskan nakes 1 yang sudah 100%. Belum lagi layanan publik seperti TNI POLRI, ASN, Lansia, ibu hamil, pelajar, disabilitas dan remaja terus kita vaksin selagi ada stok,” ucapnya.

Baca Juga :   Jokowi Dijadwalkan Suntik Vaksin Covid-19 Pekan Depan

Tak hanya Vaksin, Bupati juga mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan covid 19 yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas yang tidak penting dan menjauhi kerumunan. (yog/yog)