Hasil Survei Caketum PBNU, Kiai Marzuki Ungguli Kiai Said Aqil

952

 

Jakarta (WartaBromo.com) – Muktamar NU segera dihelat Desember mendatang. Selain Kiai Said Aqil Siradj, sejumlah nama lain bermunculan sebagai kandidat ketua di organisasi sosial keagamaan terbesar di Indonesia ini.

Menilik hasil survei yang dilakukan Institute for Democracy and Strategic Affairs, setidaknya ada delapan nama yang menurut Nahdliyyin dinilai layak duduk sebagai ketua PBNU.

Namun demikian, di antara ketujuh nama itu, KH. Said Aqil Siradj yang berstatus petahana berada di urutan ketiga. Berdasar survei tersebut, Said Aqil meraup 14,8 persen dukungan.

Berada di urutan pertama adalah KH. Marzuki Mustamar, ketua PWNU Jatim saat ini. Pengasuh Ponpes Gasek, Malang ini meraih 24,7 persen. Sedangkan di urutan kedua, ada KH. Mutawakkil Alallah yang meraih 22,2 persen.

Di peringkat ke empat, adalah KH. Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha. Tokoh muda asal Rembang ini meraup 12,4 persen. Disusul Katib PBNU, Yahya Cholil Tsaquf yang berada di peringkat 5 dengan Raihan 3,7 persen.

Sedangkan di urutan keenam, ada Ketua PBNU Marsudi Suhud yang memeroleh dukungan 1,2 persen. Dan di peringkat tujuh, terdapat nama Ahmad Fahrur Rozi Burhan dan Ali Maschan Moesa dengan persentase dukungan yang sama, 1,2 persen.

“Calon ketua umum PBNU yang didukung warga Nahdliyyin di posisi pertama adalah KH Marzuki Mustamar (Ketua PWNU Jawa Timur) dengan dukungan tertinggi sekitar 24,7 persen,” kata Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khoirul Umam melalui keterangan tertulis, Jumat (8/10/2021), seperti dikutip kompas.com. (asd)