3 Basic Skill Utama yang Harus Dimiliki Anak Muda

1641

Pasuruan (wartabromo.com) – Bagi anak muda yang akan terjun ke dunia kerja, baiknya bekali diri dengan basic skill. Kemampun dasar ini sangat dibutuhkan dan bisa jadi dipertimbangkan saat melamar kerja, lho.

Penting diketahui, basic skill biasa disebut employability skill atau soft skill. Dimana kemampuan ini sering kali membuat seseorang terlihat menonjol dalam menyelesaikan pekerjaan.

Nah, lantas apa saja basic skill yang harus dimiliki para anak muda? Dilansir dari detik.com, berikut diantaranya:

1. Komunikasi

Tak dapat dielakkan, komunikasi adalah kemampuan utama yang kini harus dimiliki setiap orang. Skill komunikasi yang dimaksud di sini bukan hanya sekedar pandai bicara saja, melainkan bisa menyampaikan pendapat dengan jelas.

Baca Juga :   Tok! Bantuan Rp 600 Ribu Untuk Pegawai Cair Hari Ini

Apabila masih merasa minder berbicara di depan khalayak, maka cobalah untuk mulai jadi pendengar yang baik. Pahami setiap perkataan orang, ini akan membantu meningkatkan skill komunikasi.

2. Kerjasama Tim

Dalam bekerja, tak melulu fokus pada kerja pribadi, melainkan ada juga kerjasama tim. Lebih lagi di era digitalisasi sekarang ini, skill team work paling utama dicari agar bisa turut memajukan tujuan bersama.

Bagaimana mengasah skill satu ini? yaitu mulailah dengan membantu orang di lingkup yang sederhana. Apabila terdapat perbedaan ide/pendapat, cobalah utarakan dan jangan memaksakan kehendak atau egois.

3. Membuat dan Mengatur Rencana

Skill pekerjaan yang harus dimiliki selanjutnya adalah membuat rencana dan mengatur. Kemampuan ini berarti merencanakan apa yang harus dikerjakan dan bagaimana mengaturnya.

Baca Juga :   Taktik Bisnis untuk UMKM saat Pandemi

Skill ini sangat berkaitan erat dengan manajemen waktu. Perusahaan akan sangat senang sekali apabila pekerjanya bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, lebih lagi saat ada proyek besar.

Nah, selain tiga yang sudah disebutkan di atas, masih ada banyak basic skill yang harus kalian miliki, bolo. Di antaranya pemikiran inisiatif dan berusaha, manajemen pribadi, selalu ingin belajar dan melek teknologi. (trj/may)