Erupsi, Gunung Semeru Level 2 Waspada

957

Pronojiwo (WartaBromo.com) – Gunung Semeru memuntahkan guguran awan panas pada Sabtu (4/12/2021). Status gunung Semeru saat ini level 2 waspada.

Dari laporan 24 Jam Pos Pengamatan Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro periode 3 Desember 2021 telah terjadi 54 kali gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 11-22 mm, dan lama gempa 85-130 detik. Juga 4 kali gempa Guguran dengan amplitudo 3-4 mm dan lama gempa 40-75 detik. Ditambah 18 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 2-7 mm, dan lama gempa 60-155 detik.

Dari hasil pengamatan tersebut, status Gunung Semeru masih dalam level II Waspada.

“Tingkat Aktivitas Gunungapi Semeru Level II (Waspada),” terang Yuda Prinardita Pura.

Saat ini, BPBD Kabupaten Lumajang masih melakukan evakuasi terhadap masyarakat sekitar lereng Gunung Semeru. Beberapa posko darurat juga telah disiapkan.

“Masih dalam pendalaman, tim sudah bergerak,” terang Kabid Penanggulangan Bencana dan Logistik, BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi saat dikonfirmasi Wartabromo.com, Sabtu (4/12).

Warga diminta untuk tidak melakukan aktivitas pada radius 1 Km dari Puncak Gunung Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor tenggara – selatan, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak G. Semeru.

Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya. (rul/may)