Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Wabup Lumajang Minta Bantuan Helikopter

294
Erupsi Semeru, Sabtu (4/11/2021). Foto: Istimewa.

Lumajang (WartaBromo.com) – Wakil Bupati Lumajang meminta bantuan helikopter untuk mengevakuasi korban Erupsi Semeru. Sebab, lokasi evakuasi tidak bisa ditempuh dengan jalur darat.

“Barang kali BNPB bisa bantu, apabila cuaca memungkinkan ada heli untuk memantau. Karena ada warga kami yang terjebak, kami kesulitan keluarga di sini menangis. Ada 8-10 orang yang terjebak, barang kali ada heli yang bisa memantau,” ujar Bunda Indah dalam konferensi pers

Berdasarkan data, ada sekitar 10 orang penambang yang terjebak di lokasi bencana.

“1 jam yang lalu masih ada sekitar 10 orang yang belum bisa dievakuasi karena lokasi sulit, evakuasi lamban karena mobil evakkuasi terhambat lumpur, kami dibantu kominitas jeep, hingga saat ini masih proses evakuasi,” ujarnya.

Selain itu, Bunda Indah juga meminta bantuan kepada Pemkab Malang untuk membantu warga Lumajang yang di Pronojiwo. Sebab, saat ini daerah tersebut terisolir.

Sementara itu, Mayjen Suharyanto menyebut pihaknya akan mengirimkan 2 helikopter untuk membantu evakuasi warga terisolir dampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru.

“Yang utama bagi kami adalah keselamatan jiwa masyarakat, kalau cuaca memungkinkan kami juga kirimkan 2 heli untuk mengevakuasi warga,” jelasnya. (rul/may/ono)