Awan Kemerahan dengan Kilat Muncul di Pasuruan, Begini Penjelasan BMKG

20528

Pasuruan (WartaBromo.com)Sebuah video dan gambar menunjnukkan awan kemerahan disertai kilat beredar luas. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebut fenomena tersebut disebabkan awan cumulonimbus.

Pada Senin (13/12/2021) Malam, warga digegerkan dengan adanya pancaran kemerahan dari awan. Petir juga menyambar di cela fenomena itu.

Fenomena ini terlihat di Pasuruan, Malang, Mojokerto hingga Sidoarjo. Warga menyebut fenomena ini terlihat jelas di Gunung Welirang. BMKG Jawa Timur kemudian angkat bicara terkait hal ini.

“Fenomena awan kemerahan merupakan hal yang. Iasa terjadi sebagai salah satu contoh fenomena optik atmosfer,” jelas Taufiq Hermawan, Koordinator BMKG Jatim dalam pers rilisnya.

Peristiwa ini terjadi karena ada pembiasan cahaya matahari, oleh partikel di atmosfer. Karena pembiasan ini, maka hasil yang didapat adalah gelombang panjang, energi rendah hingga muncul warna kemerahan.

Baca Juga :   Residivis Bobol Rumah Warga Lekok, Gasak Motor dan Perhiasan

Biasanya fenomena ini terjadi pada sore menjelang malam. “Radar cuaca BMKG Juanda memanfau beberapa pertumbuhan awan cumulonimbus di sekitar lokasi pada video. Awan cumulonimbus merupakan satu-satunya jenis awan yang dapat menghasilkan kilat dan petir,” jelasnya.

Akibat awan ini, efek kemerahan semakin nampak karena sambaran kilat dan petir itu.

BMKG kemudian meminta warga tak panik dan menghubungkan dengan fenomena aneh.

“Diharapkan masyarakat agar tidak panik dan tetap memantau informasi dari kanal resmi terkait, agar terhindar dari isu-isu yang tidak bertanggung jawab,” tandasnya. (may/ono)