Soal Pria Tendang Sesaji di Semeru, Begini Kata Ka-Kemenag

753
Tangkapan layar pelaku sesaat sebelum menendang sesaji.

Pronojiwo (WartaBromo.com) – Aksi seorang pria yang menendang sesaji di kawasan erupsi Semeru viral di media sosial. Kepala Kementerian Agama Lumajang angkat bicara terkait hal ini.

“Saya pertama tahu itu dari media sosial kalau ada suatu bentuk tidakan dari seseorang yang saya tidak tahu dari kelompok mana, tengah membuang sesajen yang menurut informasi itu sesajen kegiatan dari warga Desa Supit Urang,” terang Muhammad Muslim, Kepala Kemenag Lumajang.

Ia kemudian meminta aparat segera mencari pria yang melakukan tidakan tersebut. Sebab, perilaku pria ini tidak beradab.

Kata Muslim, Allah memperintahkan umat muslim sesuai dengan Surat An-Nahl ayat 125.

“Sebab Allah memerintahkan pada kita itu ud’u ila sabili rabbika bil hikmati wabil mauizatil hasanah dan ini tidak melakukan itu. Justru tindakannya menyakiti hati dan perasaan warga masyarakat setempat,” lanjutnya.

Di Lumajang sendiri ada berbagai agama yang hidup berdampingan. Selain juga adat istiadat yang masih kental.

“Untuk itu saya berharap pada masyarakat untuk menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang tak diinginkan. Dan saya berharap pihak terkat terutama polisi kalau bisa yang bersangkutan pelakunya dipanggil untuk dimintai pertanggung jawabkan perbuatannya,” tandasnya.

Seperti diketahui, aksi ini viral di media sosial. Bupati Lumajang juga telah memerintahkan jajarannya untuk mencari pria dalam video tersebut. Ia meyakini, pria tersebut bukan warga Lumajang, melainkan orang luar. (lai/may/asd)

Simak videonya: