7 Cara Memilih Asuransi Kesehatan Supaya Tidak Menyesal

3040

Pasuruan (wartabromo.com) – Dalam beberapa tahun terakhir, kenaikan harga atau inflasi dalam bidang kesehatan lebih tinggi dibandingkan pada bidang lainnya. Karena itu, asuransi kesehatan merupakan hal penting yang kini banyak dibutuhkan.

Ada beberapa alasan mengapa inflasi di bidang kesehatan bisa terjadi. Naiknya permintaan terhadap suatu kebutuhan, biasanya akan diikuti oleh meningkatnya harga jual dari kebutuhan tersebut.

Salah satu contohnya di tengah masa pandemi seperti sekarang ini. Mulai dari kebutuhan masker hingga vitamin jadi lebih banyak dari sebelumnya. Karena itu, dibutuhkan asuransi kesehatan untuk meningkatkan perlindungan terhadap kesehatan, baik diri sendiri maupun keluarga.

Namun, banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan ini terkadang membuat sebagian orang bingung harus memilih produk asuransi kesehatan yang mana.

Pasalnya, setiap perusahaan menawarkan jenis pertanggungan dan pengecualian yang berbeda-beda dari masing-masing polis asuransi yang ditawarkan.

Agar tidak bingung, berikut ini tips memilih asuransi kesehatan yang bagus dan sesuai kebutuhan:

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Seperti diketahui, asuransi kesehatan menjadi penanggung yang mencakup pembayaran biaya medis, bedah, maupun perawatan kesehatan lainnya.

Sementara itu, polis asuransi diterbitkan oleh perusahaan asuransi untuk mengganti biaya tertanggung untuk membayarkan biaya medis dikarenakan sakit atau mengalami cedera.

Dalam pemilihan asuransi ini, sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan atau asal pilih saja. Beberapa cara berikut bisa menjadi panduan kamu memilih asuransi kesehatan terbaik dan sesuai kebutuhan:

Baca Juga :   Cara Mencari Lowongan Kerja Secara Online, Mudah dan Cepat

1. Riset terlebih dahulu

Sebelum membeli asuransi kesehatan, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan asuransi tersebut. Pastikan perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Kemudian, cek bagaimana proses klaim asuransinya, apakah mudah dan cepat. Berapa jumlah nasabah yang menggunakan produk mereka.

Perusahaan asuransi terbaik biasanya memiliki jumlah nasabah yang melimpah. Hal ini mengindikasikan kalau perusahaan asuransi tersebut terpercaya serta memiliki pelayanan yang bagus sehingga nasabah merasa senang dan puas menggunakan produk mereka.

Selain itu, kamu juga harus mencermati setiap produk yang ditawarkan dan bandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya.

2. Pelajari polis asuransi kesehatan dengan baik

Polis asuransi adalah sebuah bukti perjanjian tertulis atau kontrak kerjasama tertulis antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan nasabah pengguna layanan asuransi (tertanggung) yang di dalamnya memuat syarat umum polis, hak dan kewajiban penyedia asuransi, pengecualian proteksi, pembatalan polis, dan sebagainya.

Baik asuransi kesehatan, asuransi jiwa, maupun asuransi kerugian, kontrak kerja sama ini disebut dengan polis asuransi.

Ketika hendak membeli asuransi kesehatan ataupun asuransi lainnya, pastikan kamu sudah mempelajari dengan baik isi polisnya. Sebab, polis yang sudah ditandatangani berarti semua proses pembayaran premi, klaim asuransi, dan proses lainnya akan berjalan mutlak sesuai dengan yang tertera di dalam polis.

Baca Juga :   Kersen, Si Kecil dengan Segudang Manfaat

3. Pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan

Cari tahu jenis asuransi kesehatan seperti apa yang kamu butuhkan. Apakah kamu butuh asuransi kesehatan yang dapat memberikan manfaat lengkap, mulai dari rawat inap, rawat jalan, menanggung risiko penyakit kritis, dan sebagainya?

Dengan mengetahui jenis asuransi kesehatan yang dibutuhkan, akan memudahkan kamu saat memilih asuransi kesehatan nantinya.

Selain itu, kamu juga sebaiknya memilih asuransi dengan besaran premi yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Memilih asuransi dengan besaran premi diluar kemampuan keuangan hanya akan menyulitkan kamu saat proses pembayaran premi nanti.

4. Rumah sakit rekanan luas

Ketika memilih asuransi kesehatan, cari tahu juga apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki rumah sakit rekanan yang luas. Jangan sampai memilih asuransi kesehatan yang menawarkan perlindungan terhadap berbagai penyakit, tapi asuransi tersebut hanya diterima di beberapa rumah sakit saja.

Jadi, pastikan rumah sakit rekanan asuransi tersebut tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk wilayah domisili kamu saat ini. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan ini dengan mudah.

5. Proses klaim mudah

Selain memastikan kalau perusahaan asuransi memiliki rumah sakit rekanan yang luas, memastikan proses klaim yang mudah juga harus kamu pertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan.

Proses klaim yang sulit, lambat, dan tidak jelas hanya akan mempersulit kamu saat ingin merasakan manfaat yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan.

Baca Juga :   Minyak Goreng Mahal? Ini Alternatif Pengganti yang Bisa Digunakan Untuk Menggoreng

6. Pilih pertanggungan asuransi kesehatan murni

Jika sudah memiliki investasi, akan lebih baik jika memilih asuransi kesehatan murni saja. Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat asuransi kesehatan secara maksimal.

Hal ini tentu berbeda ketika kamu memilih asuransi unit link di mana premi yang kamu bayarkan akan dibagi menjadi 60 persen untuk investasi dan 40 persen untuk asuransi kesehatan sehingga kamu tidak bisa 100 persen merasakan manfaat investasi maupun asuransi.

7. Kebijakan double claim

Double claim adalah fasilitas yang memungkinkan kamu sebagai nasabah untuk mengajukan klaim ke dua perusahaan asuransi yang berbeda apabila asuransi kesehatan pertama tidak mencukupi. Sebagai contoh, kamu punya dua asuransi, kemudian harus dirawat inap selama dua hari dengan biaya Rp500 ribu.

Sementara itu, asuransi pertama hanya memberikan uang pertanggungan sebesar Rp300 ribu per harinya. Nah, untuk menutupi kekurangan Rp200 ribu tersebut, kamu mengajukan double claim di perusahaan asuransi kedua sehingga kamu tidak perlu membayar uang yang kurang tersebut.

Fasilitas double claim ini akan sangat membantu kamu ketika menghadapi situasi seperti ini. Jadi, carilah perusahaan asuransi yang memiliki kebijakan double claim serta pahami syarat dan cara klaimnya.

Itulah  tips memilih asuransi kesehatan yang bagus dan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat! (**/**)