TNI AL Ganti Rugi Rumah Warga yang Rusak Kena Mortir

637

Lekok (WartaBromo.com) – Tiga rumah warga di Desa Balunganyar, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, rusak kena mortir nyasar. Atas kejadian ini, TNI AL mengganti kerugian rumah yang rusak.

Pada Rabu (20/04/2022) malam pukul 21.00 WIB, pihak TNI AL dan warga menggelar pertemuan di Balai Desa Balunganyar.

Dalam pertemuan itu warga yang diwakili Kepala Desa Balunganyar, Sholeh, dan TNI AL yang diwakili Komandan Yonif 1 Marinir, Letkol Marinir Akhmad Kharis Mukhyiddin sepakat menyelesaikan masalah tersebut secara dan kekeluargaan.

Pertemuan itu juga membuahkan surat pernyataan antara kedua belah pihak yang berisikan bahwa pihak 1 atau Sholeh selaku kepala desa tidak akan menuntut secara hukum atas kejadian tersebut. Alasannya, peristiwa itu dianggap sebagai musibah yang tidak disengaja.

Baca Juga :   Anggota Dewan dari Nasdem ini Malah Wadul Jokowi Usai Dilantik, Ada Apa?

Sementara itu pihak TNI AL memberikan santunan perbaikan rumah warga yang rusak kena mortir sebesar Rp7.355.000.

“Demikian surat pernyataan ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun,” demikian tertulis dalam surat pernyataan tersebut.

Sebagaimana diketahui, sebuah mortir milik TNI AL nyasar ke pemukiman warga di Desa Balunganyar, Kecamatan Lekok, Rabu (20/4/2022) lalu

Ledakan mortir ini menyebabkan tiga rumah warga rusak, yakni rumah Sulastri, rumah Sudin, dan rumah Rohiman. Dari ketiganya, kerusakan rumah yang cukup parah diderita Sulastri.

“Tidak ada korban jiwa,” kata Sholeh. (tof/asd)