Viral di Media Sosial, Ini Makna Agama Tentantif yang Sebenarnya

589

Pasuruan (wartabromo.com) – Baru-baru ini persoalan “Agama Tentatif” jadi perbincangan netizen Indonesia. Bahasan ini muncul pasca beredarnya bio seorang publik figur yang menuliskan kata “Tentatif” di kolom keterangan agama pada sosial media pribadinya.

Lantas, apa sebenarnya agama tentatif itu? Dan bagaimana penjelasan yang sesungguhnya? Dilansir dari pikiran-rakyat.com, berikut penjelasan mengenai agama tentantif:

Bilamana dilihat dari arti kata, “Agama” menurut KBBI adalah ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Sedangkan kata “Tentatif” mengandung arti belum pasti, masih dapat berubah atau untuk sementara waktu. Nah, dari kedua arti kata tersebut maka bisa disimpulkan, maksud “Agama tentatif” adalah kepercayaan seseorang yang belum pasti.

Baca Juga :   Wanita Curhat di Medsos : Ibu Saya Dipaksa RS Jadi Pasien Covid hingga Dipromosikan Bupati Probolinggo, Wisatawan Seruni Point Kecele | Koran Online 5 Ags

Bahkan, bisa juga agama yang dianutnya saat ini berubah di kemudian hari. Ini dikarenakan orang yang menyatakan agama tentatif beranggapan, agama sebagai sebuah keyakinan, sehingga bersifat sementara dan dapat berubah sesuai keyakinannya nanti.

Maka, bisa ditarik benang merah istilah “Agama tentatif” digunakan oleh seseorang yang masih belum mantap meyakini suatu ajaran secara sepenuhnya.

Sekadar diketahui, ada enam agama yang diakui di Indonesia. Yakni Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. (trj/may)