Pecatur Probolinggo Sabet Perak SEA Games

514

Hanoi (wartabromo.com) – Pecatur asal Kabupaten Probolinggo, International Master (IM) Mohammad Ervan menyumbang medali perak di ajang SEA Games 2021. Raihan ini diperoleh usai remis saat bertanding dengan pecatur tuan rumah, Vietnam.

Dalam laga pamungkas, Ervan menghadapi Grand Master (GM) Tran Tuan Minh di Gedung Quang Ninh Exihibition Center, Halong City, Vietnam pada Minggu, 15 Mei 2022. Meski lawannya bergelar GM, Ervan tak gentar. Bahkan memaksa pecatur yang mempunyai elo rating lebih atas tersebut untuk remis atau seri.

Hasil itu membuat IM Ervan secara keseluruhan meraup poin 6,5. Pecatur kelahiran Probolinggo, 5 Mei 1992 itu berhak atas medali perak. Kalah 0,5 poin dari pecatur Nguyen Ngoc Truong Son (Vietnam) yang berhak atas medali emas.
Wakil tuan rumah lainnya tersebut, pada babak kesembilannya berhasil mengalahkan Fide Master (FM) Lye Lik Zang (Malaysia). Tambahan, 1 poin hasil kemenangan itu, membuat GM Ngoc Truong Son memuncaki klasemen dengan nilai poin 7,0.

Baca Juga :   Exit Tol Leces Ditutup, Cegah Penumpukan Kendaraan Saat Nataru

Sementara medali perunggu diraih oleh IM Tin Jingyao dari Singapura. Pecatur ini, pada babak sebelumnya dikalahkan oleh IM Ervan.

Prestasi itu, tentu membawa kabar bagus bagi pecinta olahraga catur di Bumi Rengganis. Selain mengharumkan nama bangsa Indonesia, juga mengangkat nama daerah asalnya, yakni Kabupaten Probolinggo.

“Apapun medali yang diperolehnya, itu berkat hasil kerja kerasnya selama ini. Kami turut senang dan semoga menginspirasi atlet muda lainnya,” kata Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko.

Ia berharap, pencapaian Ervan di SEA Games mampu memotivasi atlet lainnya di kabupaten Probolinggo. Untuk tampil dan berprestasi di ajang yang kompetitif. Semisal Porprov dan PON.
“Dari PON nantinya bisa ikut menjadi kontingen SEA Games. Tapi semua itu butuh proses yang tak mudah, dan Alhamdulillah Ervan sudah membuka jalan serta memberikan contohnya,” kata Sugeng memungkasi. (saw/saw)