Tak Sekadar Mencari Uang, Inilah Ciri-ciri Sosok Ayah yang Baik

718

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagian orang menganggap ayah yang baik adalah yang pintar cari uang. Padahal, ada ciri-ciri lain yang mencerminkan seorang lelaki tergolong ayah yang baik atau tidak.

Soal mencari uang dan bekerja keras memang sudah menjadi tanggung jawab seorang ayah dalam sebuah keluarga. Namun sayangnya, banyak pula lelaki yang gagal menjadi ayah walau tergolong pintar cari uang.

Lalu sebenarnya apa ciri lain yang menunjukkan sosok ayah yang baik? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Mau Membantu Istri

Idealnya, suami dan istri harus bekerja sama untuk melakukan pekerjaan rumah dan merawat anak. Pasalnya, suami dan istri adalah sebuah tim dalam keluarga.

Baca Juga :   Begini Ciri-Ciri Orang Tua yang Kelak Anaknya Akan Sukses

Maka untuk menjadi ayah yang baik, seorang lelaki harus memiliki kemauan dan berusaha membantu istri, baik dalam melakukan pekerjaan rumah maupun merawat anak.

2. Mau Belajar Berbagai Hal Baru

Mengemban tanggung jawab dengan peran sebagai ayah memang bukan hal mudah. Seorang ayah harus bisa mengatasi semua permasalahan yang muncul dalam keluarga, utamanya yang disebabkan oleh anak.

Nah, untuk bisa melakukan itu maka sebagai ayah harus mau belajar berbagai hal baru. Caranya bisa dengan belajar dari ayah sendiri, dari teman yang sudah berkeluarga, atau dengan orang lain.

3. Senantiasa Memberikan Waktu untuk Keluarga

Ciri lainnya yang sangat mudah menjadi penentu seorang ayah baik atau tidak adalah seberapa banyak waktu yang diberikan untuk keluarga.

Baca Juga :   Cara Mendidik Anak Laki-Laki Agar Punya Moral yang Baik

Walaupun sedang sibuk bekerja, usahakan menyisakan sedikit waktu luang untuk sekadar berbincang dengan keluarga. Baik secara langsung walaupun via daring.

Meski terlihat mudah dan simpel, namun tiga ciri di atas tak banyak yang sanggup melakukan. Namun demikian, jangan patah usaha untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga, ya!. (trj)