Begini Tata Cara Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal, Jangan Salah Lagi!

162

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai sesama manusia, Allah Swt menganjurkan untuk saling mendoakan, terlebih pada yang sudah meniggal. Cara mendoakannya pun tak boleh asal-asalan.

Diketahui, selama ini kebanyakan orang sekadar mengucapkan kalimat “innalillahiwainnailaihirojiun” saja. Padahal, ada serangkaian cara untuk turut mendoakan orang yang sudah meninggal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mendoakan orang yang sudah meninggal dengan benar:

  • Baca kalimat istirja’. Hendaknya dibaca begitu mendengar kabar kematian seseorang. Doa yang berbunyi “innalillahiwainnailaihirojiun” ini menunjukkan, sebagai manusia hanya bisa berpasrah diri kepada takdir mengenai datangya ajal.
  • Sebut nama almarhum dan almarhumah. Setelah membaca kalimat istirja’, lanjutkan dengan menyebut nama orng yang sudah meninggal. Tujuannya tak lain supaya doa tersebut jelas untuk siapa.
  • Baca surat Al-Fatihah. Terakhir, akhiri dengan membaca surah Al-Fatihah. Bacaan ini dapat dipanjatkan saat melayat ke rumah duka.
Baca Juga :   Lokasi Krematorium Eks Kuburan Muslim

Nah, agar doa semakin lengkap dan maksimal, bisa juga dengan menambahkan zikir tahlil. Doa ini bisa menjadi amal kebaikan bagi arwah yang didoakan. (trj)