Ini 4 Misteri Candi Borobudur yang Belum Terpecahkan

132

Pasuruan (WartaBromo.com) – Candin Borobudur merupakan salah satu bangunan paling bersejarah di Indonesia. Di balik keelokannya, candi satu ini ternyata menyimpan sejumlah misteri.

Tak cuma terkenal dengan keindahannya, candi Borobudur juga disebut sebagai candi Budha terbesar di dunia. Adapun diperkirakan candi ini sudah dibangun selama 100 tahun silam.

Lantas, misteri apa saja yang tersimpan di balik megahnya candi Borobudur? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Hilangnya Danau Purba

Menurut penelitian yang dilakukan mahasiswa doktoral Departemen Geografi Universitas Gadjah Mada, Helmy Murwanto, candi Borobudur dibangun di atas danau Purba.

Diperkirakan danau Purba itu berusia 10 ribu tahun lalu dan terbentuk pada zaman pleistosen. Secara ilmiah, hilangnya danau ini disebabkan pendangkalan dan intervensi manusia.

Baca Juga :   Ini Alasan Pemerintah Naikkan Tiket Masuk ke Candi Borobudur Jadi Rp750 Ribu

2. Keberadaan Patung Singa Urung

Singa urung, atau dalam bahasa Jawa berarti harimau gagal, memiliki mitos yang cukup seram. Patung berwujud singa ini berada di sebelah kiri dan kanan tangga masuk candi.

Menurut mitos yang tersebar, jika ada pengunjung yang menaiki patung dan berkata kasar, maka ia akan didatangi si singa dan selalu dihantui dalam mimpi.

3. Adanya Relief Tersembunyi

Pada candi Borobudur ternyata ada relief yang tersembunyi. Relief ini bernama Kamadhatu.

Terdiri dari 160 relief adegan Sutra Karmawibhangga atau hukum sebab-akibat. Tidak banyak yang tahu apa yang tergambar pada relief tersebut.

4. Jam Raksasa

Menurut cerita, candi Borobudur memiliki jam raksasa hanya saja tak banyak orang tahu apakah benar jam raksasa itu ada. Namun sejauh ini hanya ditemukan 72 stupa berbentuk lonceng terbalik.

Baca Juga :   Harga Tiket Dikabarkan Naik, Ini Fakta Menarik Candi Borobudur

Stupa utama di tengah berfungsi sebagai jarum jam dan stupa kecil di sekelilingnya sebagai penanda. Kemudian, Sinar matahari menghasilkan bayangan untuk stupa besar dan akan melewati stupa-stupa di bawahnya. (trj)