Awal Musim Hujan, Sejumlah Wilayah di Kabupaten Pasuruan Kebanjiran

192
Warga di Kedawung Kulon berusaha menghalau arus sungai agar tak masuk permukiman. Foto: istimewa

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan terendam banjir, Sabtu (19/11/2022). Intensitas hujan tinggi menjadi penyebabnya.

Menurut informasi yang diterima, banjir kali ini merendam tiga Kecamatan di Kabupaten Pasuruan, yakni Kecamatan Grati, Kecamatan Winongan dan Kecamatan Rejoso.

Banjir dengan ketinggian 20-60 centimeter terjadi di Dusun Gambiran, Desa Bandaran, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Air masuk ke pemukiman warga setelah meluapnya sungai Rejoso dan sungai-sungai kecil di wilayah tersebut.

Hal serupa juga terjadi di wilayah Dusun Kebrukan, Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati. Banjir datang sekitar pukul 08.00 wib usai sungai rejoso meluap.

Terpantau juga luberan air sungai juga terjadi di jembatan Magersari, Kedawung Kulon. Nampak sejumlah warga sedang menutup luberan dengan alat seadaanya agar tak ke rumah-rumah warga.

Baca Juga :   Ini Identitas Korban yang Sempat Terseret Arus Kali Welang

“Kalau rumah-rumah belum masuk, tapi itu di jembatan Magersari sudah meluber tadi,” ungkap Piter, salah satu warga Kedawung Kulon.

Khoirul Anam, warga Desa Toyaning, Kecamatan Rejoso mengatakan, banjir datang sejak pagi tadi karena intensitas hujan yang tinggi. Menurutnya, hujan tak berhenti sejak pukul 01.00 dini hari tadi.

“Mulai dini hari tadi, ini mau masuk rumah sudah,” kata Khoirul.

Hingga saat ini hujan masih mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan. BPBD Kabupaten Pasuruan juga masih mendata jumlah wilayah pemukiman warga yang teredam banjir. (don/asd)