Bangunan SD di Probolinggo Ambruk Dihajar Cuaca Ekstrem

195
Bangunan SD Andungsari II Kabupaten Probolinggo ambruk usai diguyur hujan lebat, Rabu (28/12/2022).

Probolinggo (WartaBromo.com) – Sejumlah bangunan dilaporkan rusak saat cuaca ekstrem melanda Kabupaten Probolinggo. Bahkan SDN Andungsari II Kecamatan Tiris ambruk.

Data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyebut ada 3 bangunan rusak usai hujan deras dan angin kencang pada Rabu (28/12/2022).

Di Kecamatan Tiris, SDN Andungsari II ambruk. Dua bangunan lainnya ada di kecamatan lain. Yaknk Di Desa Blimbing, Kecamatan Pakuniran, dan Desa Sebaung, Kecamatan Gending. Masing-masing 1 rumah rusak. 

Tenaga Teknis Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kabupaten Probolinggo, Silvia Verdiana mengatakan, ambruknya ruang kelas SDN Andungsari II diduga karena gempuran curah hujan pada Rabu (28/12/2022).

“Untuk ruang kelas berapa kami masih belum pasti, tapi ruang kelas yang ambruk ini biasanya dipakai untuk kegiatan belajar mengajar, tapi sejak satu mingguan sudah musim libur,” kata Silvia kepada WartaBromo, Kamis (29/12/2022).

Pagi tadi, menurut Silvia, pihaknya juga telah melakukan assessment di beberapa lokasi yang dilaporkan terdampak cuaca ekstrem. Bantuan logistik juga didistribusikan.

“Untuk jembatan yang terkikis masih koordinasi dengan OPD terkait, kalau yang rumah yang rusak sudah kami distribusikan bantuan dan juga akan dilakukan koordinasi dengan pihak terkait,” ungkap Silvia.

Diwartakan sebelumnya, Ratusan rumah di Kabupaten Probolinggo terendam banjir usai hujan deras melanda wilayah setempat, Rabu (28/12/2022). Tak hanya itu, sejumlah titik juga dikabarkan longsor.

Data BPBD setempat mencatat, wilayah yang terendam banjir berada di Kecamatan Kraksaan. Meliputi Kelurahan Patokan, Kelurahan Kraksaan Wetan, dan Desa Rangkang.

Rinciannya di Kelurahan Patokan ada 170 KK. Kelurahan Kraksaan Wetam ada 142 dan 142 KK di Desa Rangkang.

Sementara longsor terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Probolinggo yaitu di Desa Tambelang, Kecamatan Krucil dan Desa Tambakukir, Kecamatan Kotaanyar. Hanya saja, tanah longsor tidak sampai berdampak ke pemukiman warga. (cho/saw/asd)