Banjir dan Longsor Landa Probolinggo, Ratusan Rumah Terdampak

187
Salah satu titik di Kabupaten Probolinggo yang dilanda longsor.

Probolinggo (WartaBromo.com) – Ratusan rumah di Kabupaten Probolinggo terendam banjir usai hujan deras melanda wilayah setempat, Rabu (28/12/2022). Tak hanya itu, sejumlah titik juga dikabarkan longsor.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mencatat, wilayah yang terendam banjir berada di Kecamatan Kraksaan. Meliputi Kelurahan Patokan, Kelurahan Kraksaan Wetan, dan Desa Rangkang.

Rinciannya di Kelurahan Patokan ada 170 KK. Kelurahan Kraksaan Wetam ada 142 dan 142 KK di Desa Rangkang.

“Sudah jadi langganan di sini kalau hujan deras dari sore sampai malam hari pasti banjir, apalagi kayak kemarin dan tadi malam, air sampai masuk ke rumah, jadi mohon diperhatikan,” keluh Prayoga, warga Kelurahan Patokan kepada WartaBromo, Kamis (29/12/2022).

Sementara longsor terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Probolinggo yaitu di Desa Tambelang, Kecamatan Krucil dan Desa Tambakukir, Kecamatan Kotaanyar. Hanya saja, tanah longsor tidak sampai berdampak ke pemukiman warga.

“Tadi malam sekitar jam 12 tanah longsor dan sampai menutup akses satu-satunya menuju kecamatan. Alhamdulillah kalau rumah warga tidak ada yang terdampak longsor,” ujar Abdul Khaliq, warga Desa Tambakukir, Kecamatan Kotaanyar.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo, Rachmad Waluyo mengatakan, jika pihaknya sudah melakukan assessment ke wilayah yang terdampak tanah longsor. Dia pun mengimbau, masyarakat untuk terus waspada jika ada cuaca ekstrim susulan.

“Sementara untuk titik lain masih dikembangkan oleh petugas lapangan, termasuk laporan ada jembatan putus di wilayah Kecamatan Tiris karena debit sungai yang tinggi dan tanah longsor di Kecamatan Krucil,” ungkap mantan Kepala Dinas PUPR itu. (cho/saw/asd)