Bentuk Tim Khusus, Satu Tahanan Kabur Kembali Dibekuk

1860
Kolase foto lima dari 7 tahanan yang kabur dari tahanan Polres Pasuruan.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Polres Pasuruan membentuk tim untuk memburu tujuh tahanan yang kabur. Satu tahanan berhasil ditangkap.

Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama Gubunagi mengatakan, pihaknya telah membentuk tim gabungan untuk mengejar para tahanan yang kabur tersebut.

Upaya pengejaran itu membuahkan hasil. Satu tahanan yang kabur berhasil kembali diamankan. Yakni Sugiarto warga Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

“Dia tahanan reskrim kasus pencurian. Ditangkap di rumah kerabatnya di daerah Tutur,” kata Bayu, Senin (02/01/2023).

Sampai saat ini polisi masih melakukan pengejaran terhadap enam tahanan lainnya. Semua jajaran di Polres Pasuruan dikerahkan untuk mengejar para tahanan ini.

Sementara itu, dalam kejadian ini, Bayu mengakui pihaknya kecolongan. Para tahanan itu bisa kabur karena kelalaian petugas jaga pada hari itu.

Sebanyak 20 petugas yang piket ketika peristiwa, mulai petugas penjaga ruang tahanan hingga petugas penjaga pintu depan, serta beberapa petugas piket lainnya saat ini diperiksa Propam.

“Sanksi pasti ada. Baik disiplin maupun kode etik kita lihat perkembangan karena pemeriksaan propam sedang berlangsung,” imbuh Bayu.

Seperti diberitakan sebelumnya, 7 tahanan Polres Pasuruan kabur pada Minggu (01/01/2023) dini hari. Mereka kabur dengan cara menjebol ventilasi jeruji tahanan menggunakan gergaji besi. (tof/asd)