Tips Agar Anak Terhindar dari Penculikan, Orang Tua Wajib Simak!

211

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ramainya isu dugaan percobaan penculikan siswa SDN 1 Blarang di Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan membuat orang tua ketar ketir.

Berbagai cara pasti dilakukan untuk menjaga agar si buah hati tetap aman. Apalagi saat berada di luar pengawasan langsung, seperti saat di sekolah.

Lantas, apa saja tips melindungi anak agar terhindar dari penculikan?

1. Jelaskan Kerawan Penculikan Terhadap Anak

Memberitahu anak soal rawannya penculikan kepada anak membuat ia akan mengerti kewaspadaan diri. Ini akan membuka diskusi tentang bagaimana melindungi diri dari kejahatan.

Namun, pola penjelasan ini harus disesuaikan dengan usia anak. Bila anak masih duduk di bangku sekolah dasar, maka gunakan bahasa yang mudah dipahami dan bukan bahasa yang menakut-nakut.

Baca Juga :   Ini Identitas Pelaku Penusukan di Toko Tembakau

2. Ajarkan Anak untuk Menolak Pemberian dari Orang Asing

Beri tahu anak bahwa ia perlu untuk menolak pemberian permen atau hadiah dari orang lain yang tidak dikenalnya secara baik-baik. Ajari juga bahwa menolak ajakan pergi dengan orang asing.

Tekankan bahwa menolak ajak dari orang tidak dikenal juga berlaku walaupun orang tersebut mengajak hal yang menyenangkan. Misalnya, mengajak ke mall, dibelikan permen atau lain sebagainya.

3. Pantau Penggunaan Media Sosial Anak

Media sosial saat ini tak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak. Nah, sebagai orang tua tentu harus memantau penggunaan media sosial anak.

Pasalnya, saat ini pelaku penculikan lebih mudah memantau targetnya lewat media sosial. Hindari anak menggunakan dunia maya di luar batas. (trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.