Cara Cerdas Menghadapi Orang Bodoh yang Merasa Sok Pintar

925

Pasuruan (WartaBromo.com) – Menghadapi orang bodoh kadang memang menjengkelkan. Pasalnya, orang yang bodoh cenderung merasa sok pintar.

Meskipun begitu, ada sejumlah strategi sederhana yang bisa dicoba agar bisa tetap tenang dan elegan. Berikut cara-caranya dilansir dari berbagai sumber:

1. Beri Respons Sesingkat Mungkin

Saat dia mulai menunjukkan sikapnya yang sok pintar, Bolo bisa merespons singkat dan secukupnya saja. Setujui dan iyakan saja kata-katanya.

Bolo tak perlu memberi ruang atau panggung untuknya. Biarlah dia menelan sendiri hal-hal yang sebenarnya membuat dirinya sendiri tampak bodoh.

2. Beberkan Fakta-Fakta

Bila ingin membuat orang yang bodoh sadar diri, Bolo bisa coba menyampaikan fakta-fakta. Orang bodoh yang sok pintar biasanya suka mengarang cerita dan mengada-ada.

Bahkan dia bisa membumbui kata-katanya dengan berbagai macam kebohongan. Kalau Bolo cukup mengerti dengan topik yang ia sampaikan dan tahu ada fakta yang perlu diluruskan, beberkan saja fakta-fakta tersebut.

3. Tanggapi dengan Pertanyaan Baru

Kalau dia memang pintar, dia pasti bisa menanggapi pertanyaanmu dengan tenang. Atau kalau dia memang belum bisa menjawab pertanyaanmu, dia akan berusaha jujur.

Sedangkan orang bodoh yang sok pintar biasanya akan makin panik sendiri ketika mulai ditanyai hal-hal baru. Bahkan dia bisa makin mengarang cerita dan omongannya makin tak tertarah. (trj)