Buka MasterClass, Gus Ipul Sampaikan Otokritik Program Pemberdayaan

87

Pasuruan (WartaBromo.com) – UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Karena itu, pemerintah dinilai perlu melakukan inovasi dalam menyelenggarakan program UMKM.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berpendapat bahwa problem di pemerintah adalah membuat program bagi pelaku UMKM namun tidak memberikan inovasi baru.

“Problem di pemerintah adalah membuat program untuk pelaku UMKM namun hanya sekedar memberi pelatihan yang itu-itu saja. Sehingga mereka cenderung tidak berkembang,” paparnya dalam sambutan pembukaan MasterClas UMKM (Wartabromo bersama Coca Cola), Sabtu (18/3/2023).

Gus Ipul juga menambahkan, bahwa serapan tenaga kerja dari UMKM sangat besar. Yakni lebih dari 90% tenaga kerja. Dengan itu, ia berharap disetiap progam dan kegiatan UMKM harus ada output serta outcome yang jelas.

“Ada perencanaan, program, serta kegiatan yang jelas. Ada output dan outcome atau dampak manfaatnya. Kita sebagai pelaku UMKM juga harus berkembang. Saat ini harus tahu ATM, yaitu amati, tiru, modifikasi,” imbuhnya berpesan.

Diketahui, sekitar 70 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut tersebar dari beberapa kota. Yakni Surabaya, Sidoarjo, Malang, serta Kabupaten dan Kota Pasuruan. Nantinya mereka juga akan mendapatkan mentoring selama dua bulan. (lio/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.