Maksimalkan Gapai Pahala dengan Memperhatikan Adab Berpuasa di Bulan Ramadhan

179

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai umat muslim tentunya harus tahu adab berpuasa di bulan Ramadan. Tak lain agar bisa memaksimalkan menggapai pahala di momen penuh berkah ini.

Saat menuaikan ibadah puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga seharian. Melainkan juga menahan hawa nafsu untuk mendapat kebaikan dari Allah SWT.

Puasa juga memiliki adab-adabnya yang apabila dilaksanakan akan dapat menambah pahala berpuasa itu sendiri di bulan Ramadhan. Berikut ini adab berpuasa di bulan Ramadan dilansir dari berbagai sumber:

1. Berdoa Ketika Berbuka

Salah satu adab dalam menunaikan ibadah puasa adalah berdoa ketika berbuka puasa. Hal tersebut diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma, dia berkata, “Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam jika berbuka puasa selalu membaca:

Baca Juga :   Rekomendasi Toples Plastik Kekinian Murah Berkualitas

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ.

Telah hilang rasa haus dan telah basah urat-urat, serta telah ditetapkan pahala, insya Allah.

2. Menyegerakan Berbuka

Menyegerakan berbuka puasa adalah adab berpuasa di bulan Ramadan yang memang dianjurkan dalam Islam. Pasalnya, menyegarakan berbuka di awal waktu Maghrib merupakan akhlak yang baik dan hukumnya sunnah sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Maka dari itu, ketika sudah waktunya buka puasa seluruh umat Islam dianjurkan untuk segera berbuka. Selain itu, menunda-nunda berbuka puasa tidak sejalan dengan sunnah Nabi dan bisa menganggu kesehatan.

3. Tidak Makan Terlalu Berlebihan

Dalam menunaikan ibadah puasa janganlah mengkonsumsi makanan terlalu berlebihan. Sebab, tujuan dari berpuasa adalah tidak menuruti hawa nafsu.

Baca Juga :   Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1443 H Jatuh pada Minggu 3 April 2022

Dengan demikian, perlu disadari bahwa jika makan sedikit atau secukupnya dirasa sudah cukup mengenyangkan perut, maka sesungguhnya hal itu lebih baik dan sesuai dengan tujuan berpuasa. (tra/trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.