Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas Saat Sahur

138

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagian orang yang menyukai cabai pasti tak akan melewatkan makanan pedas saat sahur. Meski tanpa disadari ada beberapa bahaya mengkonsumsi makanan pedas saat sahur.

Memang, apa bahaya makan pedas saat sahur dan buka puasa? Bukankah sebuah studi dalam jurnal Appetite membuktikan, kandungan capsaicin pada makanan pedas dapat meningkatkan energi yang dikeluarkan tubuh?

Dilansir dari sehatq.com, memang benar. Namun menyantap makanan pedas saat sahur tidak dianjurkan, sebab bisa menimbulkan beberapa efek samping.

Apa saja? Berikut diantaranya:

1. Dada Terasa Panas

bahaya mengkonsumsi makanan pedas saat sahur yang pertama adalah membuat dada terasa panas. Ini disebabkan cabai yang mengandung rasa terbakar.

Baca Juga :   Mau Lebaran, Banyak Warga Pasuruan Gadaikan Barang

Apalagi saat sahur tubuh mencerna makanan di waktu yang tidak biasa. Maka, biasanya rasa panas di dada ini akan muncul saat seseorang tengah beraktivitas di pagi harinya.

2. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Seorang ahli nutrisi di Dubai Health Authority menyarankan agar menghindari makan pedas saat sahur karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Sebab, saluran pencernaan saat berpuasa sangat sensitif dengan makanan pedas. Hal inilah yang bisa menimbulkan gangguan pencernaan.

3. Memicu Rasa Haus

Makan pedas saat sahur bisa membuat lidah terasa panas. Akibatnya, seseorang jadi ingin minum lebih banyak untuk meredakannya.

Selain itu, kenaikan suhu tubuh setelah makan makanan pedas juga akan meningkat. Kondisi ini ditandai dengan banyaknya jumlah keringat yang dikeluarkan oleh tubuh. (trj)